Strategi layanan konseling kelompok untuk mereduksi fatherless pada remaja

Aulia Dwinda Putri, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Fatherless atau ketidakhadiran ayah merupakan suatu permasalahan yang menarik untuk dibahas. Banyak anak ataupun remaja yang mengalami fatherless di kehidupannya. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau kajian literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling kelompok berpengaruh mereduksi fatherless pada remaja. Hasil penelitian ini adalah fatherless merupakan ketidakhadiran peran ayah baik secara fisik maupun psikologis dalam kehidupan anak. Penyebab fatherless bisa disebabkan oleh perceraian orang tua, masalah kesehatan, dan juga pekerjaan ayah yang jauh. Dampak dari fatherless remaja yaitu cenderung lebih minder, malu, kesepian, cenderung lari dari masalah yang sedang dihadapi, lebih emosional saat menghadapi masalah, kesepian, bahkan bisa menurunkan kualitas belajar sehingga memiliki motivasi belajar rendah. Dan pelaksanaan konseling kelompok bisa menjadi cara yang dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk mereduksi remaja yang mengalami fatherlesss. Ada empat tahap yang bisa dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan konseling kelompok yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap peralihan

Full Text:

PDF

References


Alfasma, W., Santi, D. E., & Kusumandari, R. (2022). Loneliness dan perilaku agresi pada remaja fatherless. SUKMA: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 40-50.

Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2020, November). Peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 851-858). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5685

Castetter, C. (2020). The Developmental Effects on the Daughter of an Absent Father Throughout her Lifespan. Thesis. Merrimack College

Dasalinda, D., & Karneli, Y. (2021). Hubungan Fatherless Dengan Penyesuaian Sosial Remaja Implementasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(02), 98-105. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/CIJGC/article/view/1461

Fajarrini, A., & Umam, A. N. (2023). Dampak Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Pandangan Islam. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20-28. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/abata/article/view/1425

Fikri, A., & Handaka, I. B. (2022, August). Layanan bimbingan dan konseling dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).

Fitroh, S. F. (2014). Dampak fatherless terhadap prestasi belajar anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 83-91. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3551

Junaidin, J., Mustafa, K., Hartono, R., & Khoirunnisa, S. (2023). Kecemasan terhadap Pernikahan pada Perempuan Dewasa Awal yang Mengalami Fatherless. Journal on Education, 5(4), 16649-16658.. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2839

Herawati, H., & Hayati, C. I. (2022). Peran Ayah Dalam Mendidik Anak (Review Jurnal Tentang Peran Ayah Dalam Parenting). Journal Of Education Science, 8(2), 331-336. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/2578

Maryam Sobari, M. (2022). Gambaran Kemampuan Self Control Pada Anak yang di Duga Mengalami Pengasuhan Fatherless. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(1), 1-5. http://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/piaudku/article/view/91

Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh fatherless terhadap karakter anak dalam prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Prayitno, Afdal, Ifdil, Z. A. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok yang Berhasil. Ghalia Indonesia

Sundari, A. R., & Herdajani, F. (2013). Dampak Fatherless Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/3973

Wardhani, R. C., Handaka, I. B., Setyowati, A., & Utomo, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Self-Esteem Siswa melalui Konseling Kelompok menggunakan Solution Focused Brief Counseling. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13404-13412


Refbacks

  • There are currently no refbacks.