Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan self leadership pada siswa di sekolah menengah pertama

Laili Rakhma Aidhina, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang layanan bimbingan klasikal dan strategi alternatif yang ditujukan untuk meningkatkan self leadership di kalangan siswa sekolah menengah (SMP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review, yaitu mengumpulkan bahan-bahan tertulis yang berkaitan dengan fokus penelitian yang dibahas. Kepemimpinan diri merupakan aspek penting bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan pribadi mereka dan menjadi pemimpin yang baik. Namun, masih banyak siswa yang kesulitan dalam mengatur atau membimbing dirinya sendiri dalam proses pembelajaran karena ketidakpahamannya terhadap pembelajaran itu sendiri. Dalams situasi seperti ini, guru bimbingan dan konseling/ konselor dapat membantu melalui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Layanan bimbingan klasikal menciptakan lingkungan interaksi siswa yang dapat mengajarkan keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, tetapi ada batas efektivitasnya karena kurangnya kreativitas dan inovasi dari pihak guru bimbingan dan konseling. Oleh karena itu, diperlukan alternatif sebagai media dan teknik yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan klasikal seperti discovery learning, role playing, dan project based learning untuk meningkatkan self leadership siswa. Dengan demikian, diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan bimbingan yang kreatif, inovatif, dan meneyenangkan sesuai dengan teknik yang digunakan untuk meningkatkan self leadership siswa

Full Text:

PDF

References


Argadinata, H., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2023). The Principal's Self-Leadership Through The Peer Foster Student Innovation Program In Improving The Quality Of Schools. International Research-Based Education Journal, 5(2), 150-166.

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Harefa, E. O. P., Lahagu, K. A. S., & Harefa, A. R. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Alasa. Journal on Education, 6(1), 6088-6093.

Lestari, L., Nasir, M., & Jayanti, M. I. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4).

Maani, S. (2022). Pembelajaran Kooperatif Model Role playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 266-270.

Muslichah, H. N., & Bhakti, C. P. (2021, August). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Maani, S. (2022). Pembelajaran Kooperatif Model Role playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 266-270.

Muslichah, H. N., & Bhakti, C. P. (2021, August). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Nurpitasari, E., Nurajizah, N., Nurhayati, D. F., & Bhakti, C. P. (2019, August). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran

Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 173-179).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.