Analisis bibliometrik: Kajian kedisiplinan tahun 2019-2023

Yunan Nur Cahyo, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sekaligus alternatif strategi layanan klasikal untuk mengembangkan kesadaran karier siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kesadaran karir menjadi bagian terpenting dalam kematangan karir yang berkaitan dengan mengenal, memahami jenis-jenis pekerjaan yang diinginkan di masa depan. Kesadaran karier sudah seharusnya diberikan sejak awal sekolah guna mempersiapkan masa depan siswa. Namun, pada kenyataannya kesadaran karier siswa di Sekolah Menengah Pertama masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan siswa memiliki rendahnya motivasi dalam menggapai cita-citanya. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi layanan klasikal dalam bidang karier menjadi alternatif untuk menunjang penyelesaian masalah kesadaran karier di Sekolah Menengah Pertama. Sehingga guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan bimbingan klasikal yang inovatif serta kreatif untuk mengembangkan kesadaran karier siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Full Text:

PDF

References


Heriyanti, I. P., & Bhakti, C. P. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Klasikal Blended Learning Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa.

Irdasari, W. N., & Bhakti, C.P. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kesadaran Karir Siswa Di Sekolah Menengah Pertama.

Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan hasil Penelitian, 5 (1), 900. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908

Lidyasari at. (2019). Inovasi Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Career Awareness Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0

Purnamarini, D. P. A., Setiawan, T. I., & Hidayat, D. R (2016). Pengaruh Terapi Expressive Writing Terhadap Penurunan Kecemasan Saat Ujian Sekolah.

Pratitis, R. & Bhaktic C. P. (2022). Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengurangi Loneliness

Rahman, M. A. (2018). Pelatihan Kepedulian Karier Di Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Smkn 1 Bandung. Jurnal Psikologi Jambi, 03(01), 7–13. https://onlinejournal.unja.ac.id/jpj/article/view/6366

Safira, A., Hendriana, H., & Yuliana, W. (2021). Validitas dan Realibilitas Angket kesadaran karir

Tanoli, M.F. (2016). Understanding Career Planing: A literature Review. MPRA. No. 74730

Verianto, A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja

Wahyuni, C. L., Nurdin, S., & Nurbaity. (2018). Kematangan Karir Siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3 (4), 10–18. Kematangan Karir Siswa SMA Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 10–18.

Yonanda, D. (2019). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kesadaran Karir Peserta Didik Kelas XI SMKN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik.

Ziomek-Daigle, J. (2016). School Counseling Classroom Guidance Prevention, Accountability and Outcomes. SAGE Publication, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.