Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan identitas karir siswa SMP

Kana Aprilia Azizah, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan alternatif strategi layanan bimbingan dan konseling klasikal untuk meningkatkan identitas karir siswa di sekolah menengah pertama. Akibatnya, kisah karier baru, termasuk pembelajaran berkelanjutan yang diaktifkan untuk pekerjaan potensial, dapat ditulis menggunakan identitas profesional yang mendukung karier yang bermakna secara pribadi (Boyle, 2022) termasuk pembelajaran berkelanjutan yang diaktifkan untuk karir prospektif. Pembelajaran identitas (Meijers & Lengelle, 2012) menyatakan bahwa identitas naratif yang dibangun melalui keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran dialogis memiliki pengaruh pada aktivitas yang disengaja, proaktif, dan adaptif yang dibuat dalam proses perencanaan karir dan implementasi rencana. Salah satu dari empat unsur layanan yang telah disebutkan berperan penting dalam membantu pengembangan kemampuan dan keterampilan pribadi, sosial, akademik, dan karir siswa di sekolah.Metode penelitian yang akan digunakan adalah kajian literatur revew. Metode deskriptif dengan mendeskripsikan fakta untuk dianalisis, untuk memberikan penjelasan dan pemahaman yang telah dikaji.Identitas Karir Seiring bertambahnya usia, mereka lebih mungkin untuk mencapai status identitas karena perkembangan identitas terutama terjadi sepanjang masa remaja dan dewasa (Meeus et al., 2012). Model identitas Luyckx, yang berisi penyelidikan mendalam, eksplorasi mendalam, pembuatan komitmen, dan identifikasi dengan komitmen, dan model identitas, yang mencakup identifikasi dengan komitmen dan pertimbangan kembali komitmen, dapat digunakan untuk mengkonseptualisasikan identitas karir

Full Text:

PDF

References


(Lian et al., 2021)Boyle, K. A. (2022). Career identities and Millennials’ response to the graduate transition to work: lessons learned. Journal of Education and Work, 35(1), 78–91. https://doi.org/10.1080/13639080.2021.2009782

Boyle, K. A. (2022). Career identities and Millennials’ response to the graduate transition to work: lessons learned. Journal of Education and Work, 35(1), 78–91. https://doi.org/10.1080/13639080.2021.2009782

Lian, L., Wang, Q., Hu, L., Yang, X., & Li, X. (2021). Tinjauan Layanan Anak dan Remaja muda Guru-guru muda di universitas di Cina : Sebuah model mediasi berantai. 120.

Ma, C., Ganegoda, D. B., Chen, Z. X., Jiang, X., & Dong, C. (2020). Effects of perceived overqualification on career distress and career planning: Mediating role of career identity and moderating role of leader humility. Human Resource Management, 59(6), 521–536. https://doi.org/10.1002/hrm.22009

Meijers, F., & Lengelle, R. (2012). Narratives at work: The development of career identity. British Journal of Guidance and Counselling, 40(2), 157–176. https://doi.org/10.1080/03069885.2012.665159

Nurpitasari, E. N. N. N. D. F. B. C. P. (2019). Blended Learning: Metode Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Abad 21. Jurnal Konseling, 12(1), 173–179.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Xu, H., & Lee, J. C. K. (2019). Exploring the Contextual Influences on Adolescent Career Identity Formation: A Qualitative Study of Hong Kong Secondary Students. Journal of Career Development, 46(3), 219–234. https://doi.org/10.1177/0894845317737380


Refbacks

  • There are currently no refbacks.