Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi

Navy Glenda Tariskova, Siti Muyana

Abstract


Academic burnout merupakan individu yang mengalami kelelahan yang diakibatkan dari tuntutan akademik. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui tingkat academic burnout pada mahasiswa BK UAD tahun angkatan 2020 yang sedang menyusun skripsi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 80 mahasiswa dari populasi 159 mahasiswa Bimbingan dan Konseling UAD angakatan tahun 2020. Peneliti menggunakan angket yang diadptasi dari School Burnout Inventory (SBI) yang dikembangkan oleh Salmela-Aro. Lalu, peneliti menganalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat academic burnout pada mahasiswa BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian ibesar dari mahasiswa mengalami academic burnout yang berada di kategori sedang yaitu 56 (70.0%), lalu sebagian kecil mahasiswa mengalami academic burnout tinggi yaitu 13 (16,3%) mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran burnout pada mahasiswa keperawatan di purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130-141. http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81-102.

D. S. Aulak, B. Quinn, & N. Wilson. (2016). Student burnout. british dental journal, 220(5), 219–220. https://doi.org/10.1038/sj.bdj.2016.156

Fajriani, A., & Septiari, D. (2015). Pengaruh beban pekerjaan terhadap kinerja karyawan: Efek mediasi burnout. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 74-79. https://doi.org/10.30871/jaemb.v3i1.188

Islami, S. (2019). Fenomena Burnout pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Satu: Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/sabfj

Febriani, R. D., Triyono, T., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors affecting student’s burnout in online learning. DOI: 10.24036/00567kons2021

Firdaus, A., Yuliyanasari, N., Djalillah, G. N., & Utama, M. R. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 117-135.

Khusumawati, Z. E. (2017). Penerapan Kombinasi antara Teknik Relaksasi dan Self-Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., Lee, S.M., 2018. Relationships between social support and student burnout: a meta-analytic approach. Stress. Health 34 (1), 127–134. https:// doi.org/10.1002/smi.2771

Lilis, N., Samfriati, S., & LL, M. R. (2022). Hubungan Self Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. Jurnal Antara Keperawatan, 5(3). https://doi.org/10.37063/antaraperawat.v5i3.783

Liu, H.C., Yansane, A.I., Zhang, Y.R., Fu, H.J., Kalenderian, E., 2018. Burnout and study engagement among medical students at sun yat-sen university, China: a crossJ. Wang et al. Nurse Education Today 102 (2021) 104938 6 sectional study. Medicine 97 (15), e0326. https://doi.org/10.1097/

Mansur. 2009. Metode Penelitian Dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Padjajaran.

Maslach, C., Leiter, M,P. (1997). The truth about burnout. San Francisco: jossey Bas

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. 2001. Job Burnout. Annu. Rev. Psychol, 52, 397–422.

Oyoo, S. A., Mwaura, P. M., & Kinai, T. 2018. Academic Resilience As A Predictor Of Academic Burnout Among Form Four Students In Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 6(3), 187–200.

Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap burnout pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(10), 615-625.

Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Tingkat Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), 104-119. https://doi.org/10.29407/nor.v8i2.16048

Skodova, Z., Lajciakova, P., 2013. The effect of personality traits and psychosocial training on burnout syndrome among healthcare students. Nurse Educ. Today 33 (11), 1311–1315. https://doi.org/10.10

Valero-Chilleron, ´ M.J., Gonz´ alez-Chorda, ´ V.M., Lopez-Pe ´ na, ˜ N., Cervera-Gasch, A., ´ Su´ arez-Alcazar, ´ M.P., Mena-Tudela, D., 2019. Burnout syndrome in nursing students: an observational study. Nurse Educ. Today 76, 38–43. https://doi.org/10.1016/j. nedt.2019.01.014

Wang, Z.H., Yang, H.L., Yang, Y.Q., Liu, D., Li, Z.H., Zhang, X.R., Zhang, Y.J., Shen, D., Chen, P.L., Song, W.Q., Wang, X.M., Wu, X.B., Yang, X.F., Mao, C., 2020. Prevalence of anxiety and depression symptom, and the demands for psychological knowledge and interventions in college students during COVID-19 epidemic: a large crosssectional study. J. Affect. Disord. 275, 188–193. https://doi.org/10.1016/j. jad.2020.06.034


Refbacks

  • There are currently no refbacks.