Keefektifan konseling individu teknik shaping untuk mereduksi kecemasan saat presentasi di depan kelas

Fadhilah Salmaeka, Tri Sutanti

Abstract


Persaingan global yang ketat di masa kini dan masa yang akan datang membuat setiap peserta didik sebagai calon penerus bangsa dituntut untuk memiliki keterampilan dan kemampuan yang mumpuni, salah satunya adalah keterampilan berkomunikasi yang cakap. Hal ini sejalan dengan tuntutan tujuan pendidikan di Indonesia yang menggunakan kurikulum merdeka belajar yang berpusat pada peserta didik sehingga mereka dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Untuk menerapkan pola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sebagian guru menerapkan metode pembelajaran presentasi. Agar keterampilan dan kemampuan komunikasi anak berjalan dengan baik sesuai perkembangan peserta didik, perlu segera dilakukan penanganan jika peserta didik mengalami masalah kecemasan ketika melakukan presentasi di depan kelas. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan teknik shaping atau pembentukan tingkah laku baru secara bertahap dengan memberikan penguatan (reinforcement) secara langsung dan teroganisir saat tingkah laku tersebut ditampilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi literatur (literature review). Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan tidak langsung terjun ke lapangan, tetapi berdasarkan penelitian terdahulu yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa prosedur teknik shaping berpotensi untuk mereduksi kecemasan saat presentasi di depan kelas. Peran guru BK juga sangat penting untuk mereduksi kecemasan peserta didik, sehingga peserta didik akan terbiasa dan tidak merasa cemas ketika melakukan presentasi di depan kelas. Peserta didik yang mengalami kecemasan presentasi di depan kelas akan membuat pertumbuhan dan perkembangan belajar terhambat dikarenakan kurangnya keterampilan komunikasi pada peserta didik

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. Retorika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(2), 104-113.

Damayanti, N. K. J. (2018). Perbedaan Efektivitas Model Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Dan Teknik Shaping Terhadap Self-Intraception Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tabanan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 2(1), 20-25.

Fatchurahman, M. (2018). Problematik pelaksanaan konseling individual. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25-30.

Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 138-159.

Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. In Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling (Vol. 3).

Mulvariani, W., Salsabiila, H. S., & Jamaluddin, M. (2021). Modifikasi Perilaku Teknik Shaping Untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Pada Anak. Psyche: Jurnal Psikologi, 3(2), 174-181.

Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kcemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahapeserta didik. Jurnal Psikologi, IX(2), 119-129.

Yuniarty, S. (2017). Kecemasan Berbicara Di Dalam Kelas Bahasa Asing Terhadap Peserta didik Kelas 10 DI SMK Negeri 5 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, II(1), 144-152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.