Implementasi layanan konseling kelompok teknik self-management untuk mereduksi perilaku nomophobia

Salsabila Syifa Alfarisy, Tri Sutanti

Abstract


Di era globalisasi saat ini, teknologi dituntut untuk memudahkan setiap pekerjaan manusia, termasuk akses terhadap informasi. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi adalah penggunaan smartphone. Peran teknologi yang semakin berkembang dalam kehidupan sehari-hari menjadikan smartphone sebagai produk elektronik yang kini menjadi milik semua kalangan terutama remaja. Bagi para pelajar, teknologi smartphone dapat dimanfaatkan untuk media belajar seperti mencari informasi di internet, memanfaatkan aplikasi yang menunjang pembelajaran (Google Classroom, Ruang Guru, Quipper, dan lain-lain). Namun pada kenyataannya remaja sekarang hanya menggunakan smartphone untuk mengirim SMS, mendengarkan musik, bermain video game, dan jejaring sosial. Munculnya smartphone di kalangan remaja yang temperamennya masih labil membuatnya sulit memanajemen waktu, sehingga tanpa disadari mereka ketergantungan dengan smartphone dan berdampingan dengan istilah Nomophobia (No Mobile Phone Phobia). Nomophobia merupakan perasaan takut yang dirasakan seseorang ketika berada jauh dari smartphonenya yang ditandai dengan perasaan cemas, khawatir, gemetar, sedih ketika tidak ada interaksi langsung dengan smartphone, selalu mengecek smartphone, dan lain-lain. Adapun penelitian ini yaitu menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan beberapa sumber yang relevan dengan pembahasan yaitu terkait dengan alternatif solusi yang berpotensi untuk menangani masalah nomophobia adalah guru BK menyelenggarakan layanan konseling kelompok pendekatan behavior teknik self-management

Full Text:

PDF

References


Aprilia, A. D. K., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Petarukan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6623

Ayu, F. A. (2023). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Tingkat Nomophobia Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. http://eprints.unm.ac.id/29815/

Fadhilah, L., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Nomophobia di kalangan remaja. Jurnal Diversita, 7(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/4487

Febriyanti, L., & Muyana, S. (2022, October). Layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik Self Management dalam mereduksi intensitas penggunaan smartphone pada siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12393

Hafni, N. D. (2019). Nomophobhia, Penyakit Masyarakat Modern. Jurnal Al-Hikmah, 6(2). http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/71

Kiranasari, F., & Prabowo, A. (2022). Layanan konseling kelompok pendekatan behavior teknik kontrak perilaku dan impilikasinya dalam mereduksi nomophobia. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2). http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12348

Komalasari,G., et al. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

Maulana, M. A., & Nugroho, P. W. (2019). Mengurangi kenakalan remaja menggunakan konseling behavioral pada peserta didik di sma. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/4059

Moomin, S., Rahim, M., Korompot, S., & Alwi, N. M. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Self Management Terhadap Konsep Diri Negatif Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Arrahman,8(2). https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/BKA/article/view/642

Musyrifin, Z. (2020). Implementasi sifat-sifat Rasulullah dalam konseling behavioral. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/2088

Natawidjaja,R. (2009). Konseling Kelompok. Bandung: Rizqi Press

Permatasari, I., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/viewFile/19915/14121

Rahayuningrum, D. C., & Sary, A. N. (2019). Studi tingkat kecemasan remaja terhadap no-mobile phone (nomophobia) di sma negeri kota padang. Ensiklopedia of Journal, 1(2). https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/25

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/513

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2019). Group Counseling With Self Management Techniques: Effective Strategies For Reducing Nomophobia Among Adolescents. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2). http://eprints.uad.ac.id/32505/1/23.%20Jurnal%20Psikopedagogia_GROUP%20COUNSELING%20WITH%20SELF-MANAGEMENT%20TECHNIQUES%20EFFECTIVE%20STRATEGIES%20FOR%20REDUCING%20NOMOPHOBIA%20AMONG%20ADOLESCENTS.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.