Layanan bimbingan dan konseling menggunakan konseling kelompok dengan teknik relaksasi mengurangi cemas bicara di hadapan umum

Aulia Arrafah Wibowo, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Tujuan dari artikel ini yaitu meninjau cara mereduksi kecemasan bicara di hadapan umum menggunakan layanan konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi. Dengan menggunakan metode studi literatur, Penelitian studi literatur dengan membaca jurnal-jurnal ilmiah. Dengan melakukan pengkajian mengenai teori dan konsep berdasarkan sumber literatur seperti jurnal dan artikel yang relavan dengan permasalahan yang sedang diamati kemudian didapatkan kesimpulan. Metode dukumentasi yang dipakai dalam teknik pengumpulan data. Salah satu bentuk cemas dan perasaan takut ketika kecemasan bicara di hadapan umum yang berasal dari berbagai proses pembelajaran itu sendiri disebut kecemasan bicara di hadapan umum. Guru BK atau konselor sangat berperan penting dalam membantu memberikan layanan bimbingan dan konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan kecemasan bicara di hadapan umum karena sangat berdampak terhadap aktivitas tahap belajar dirumah maupun disekolah yang dilakukan para peserta didik setiap saat. Para peserta didik diharapkan lebih banyak belajar lagi bagaimanan mengendalikan diri agar dapat percaya diri dalam berbicara, mengeluarkan pendapat dan berkomunikasi dihadapan umum.


Full Text:

PDF

References


-Article Text-4044-3-10-20220103. (n.d.).

Anggraeny, D., Said, I., & Febriani, R. B. (2020). The Efl Students’ Perception Of Their Foreign Language Anxiety In Speaking Class. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3123

Ari Setianingrum, A., Yusmansyah, yahoocom, & Shinta Mayasari, dan. (n.d.). Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Menggunakan Teknik Relaksasi.

Bimbingan, A. P., & Konseling, D. (n.d.). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik SMP Pgri 1 Palembang.

Bukhori, B. (2016). (n.d.). Kecemasan berbicara di depan umum ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158-186.

Downing, L. N. (1971). (n.d.). The Innovative Use of the Relaxation Process in Counseling.

Febriana, W., Rosa Nensi, M., Sakti, L., Septian, D., & Sukma, P. (n.d.). Pelatihan Public Speaking pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII untuk Siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Pringgarata. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2022(2), 275–284. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1458

Febriani, A. R., Barida B Bimbingan, M., Konseling, D., & Dahlan, A. (2021). Bimbingan dan Konseling Islami. In Kamis.

Fitra Tunisa Has. (2018). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Intreaksi Sosial Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Psikologi Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2(Kesehatan).

Gallego, A., McHugh, L., Penttonen, M., & Lappalainen, R. (2022). Measuring Public Speaking Anxiety: Self-report, behavioral, and physiological. Behavior Modification, 46(4). https://doi.org/10.1177/0145445521994308

Khaerunnisa, P., Nugraha, A., & Arumsari, C. (2020). Quanta Profil Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Siswa SMA. 4(3). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Mirantika, F. (2022). (n.d.). Upaya Mengurangi Kecemasan Siswa dengan Penerapan Teknik Relaksasi pada Layanan Konseling Kelompok di SMP Negeri 19 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Bimbingan dan konseling).

Psikologi Unsyiah, J., Rizkiana Aprilia Mukhran, D., Faradina, S., Sari, K., & Amna, Z. (n.d.). Pengaruh Relaksasi Otot Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa.

Rusman, A. A., & Nasution, F. (2021). Deskripsi Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Sebagai Dampak dari Pembelajaran Daring. 11(2). https://doi.org/10.21210/xxx

Safitri, H., Wahyuni, H., Bimbingan dan Konseling, J., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Jambi, U. (2022). Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik. In Jambura Guidance and Counseling Journal (Vol. 3, Issue 1).

Sarpourian, F., Samad-Soltani, T., Moulaei, K., & Bahaadinbeigy, K. (2022). The effect of virtual reality therapy and counseling on students’ public speaking anxiety. Health Science Reports, 5(5). https://doi.org/10.1002/hsr2.816.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.