Faktor terjadinya perilaku agresi fisik pada siswa

Rizki Fauzian, Agus Supriyanto

Abstract


Salah satu perilaku negatif yang ditampilkan oleh siswa adalah agresi fisik, yang mengacu pada tindakan yang disengaja yang menyebabkan tekanan fisik dan emosional pada individu lain. Perilaku agresif remaja dapat terwujud baik dalam bentuk fisik maupun verbal. Ada faktor internal dan eksternal yang berkontribusi terhadap masalah siswa. Penyebab internal berkaitan dengan masalah yang berasal dari dalam diri siswa, meliputi masalah fisik dan non fisik. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan di luar sekolah. Agresi fisik terutama ditandai dengan memukul dan melempar, sedangkan agresi verbal sering melibatkan pertengkaran, ejekan, atau penggunaan kata-kata yang menyakitkan. Namun, agresi verbal cenderung menjadi perilaku agresif yang paling sering diamati. Perilaku agresif di kalangan siswa dipicu oleh keyakinan normatif, kemarahan, frustrasi, dan provokasi dari orang lain. Kehadiran kelompok sebaya, pola asuh yang bermasalah, dan komunikasi yang buruk antara siswa dan orang tua/guru juga dapat berkontribusi pada perilaku agresif di luar ruangan. Faktor-faktor ini menciptakan peluang bagi siswa untuk terlibat dalam tindakan agresi

Full Text:

PDF

References


Alam, F. A., & Akhmadi, A. (2021). Transformation Of Guidance And Counseling In The Pandemic Era. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 170–181. Https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i2.250

Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018a). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93. Https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099

Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018b). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93. Https://doi.org/10.26638/jfk.507.2099

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi. 2.

Harweni, P., & Primakuria, S. (2017). Efektifitas Layanan Konseling Perorangan Dalam Mengurangi Agresi Kelas X RPL SMK Negeri 4 Batam Effectiveness Individual Counseling Services to Decrease Aggression of Class X RPL SMK Negeri 4 Batam. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 3(2). Https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.558

Jacob, S. V., Reith, J. D., Kojima, A. Y., Williams, W. D., Liu, C., & Vila Duckworth, L. (2014). An Unusual Case of Systemic Inflammatory Myofibroblastic Tumor with Successful Treatment with ALK-Inhibitor. Case Reports in Pathology, 2014, 1–5. Https://doi.org/10.1155/2014/470340

Karlina, D., Muttaqin, D., & Tondok, M. S. (t.t.). Relational Aggression toward Ex-Boy/Girlfriend: The Role of Narcissism and Quality of Previous Romantic Relationships among Undergraduate Students.

Khaira, W. (t.t.-a). Kemunculan Perilaku Agresif Pada Usia Remaja.

Khaira, W. (T.T.-B). Kemunculan Perilaku Agresif Pada Usia Remaja.

Naskah Prosiding Utuh fix.pdf. (t.t.).

Putri, A. R. (2021). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Agresivitas Generasi Z Di Kota Semarang.

Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja—CORE Reader. (t.t.). Diambil 15 Juli 2023, dari https://core.ac.uk/reader/229330550

Tazkiyah, N., & Silaen, S. M. J. (2020). Hubungan kecemasan dan kecerdasan emosional dengan kecenderungan perilaku agresivitas anak jalanan di sekolah master Indonesia depok. 4(1).

Trisnawati, J., & Nauli, F. A. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif remaja di SMK Negeri 2 Pekanbaru. 1(2).

Utami, R. R. (2020). Behavioral therapy untuk mengurangi perilaku agresi fisik pada anak. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 8(2), 72. Https://doi.org/10.22219/procedia.v8i2.13424

Warburton, W. A., & Anderson, C. A. (2015). Aggression, Social Psychology of. Dalam International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (hlm. 373–380). Elsevier. Https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.24002-6

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. 19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.