Penerapan layanan bimbingan dan konseling pada peserta didik SLBN 2 Bantul

Rifki Muamar Arafat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan betapa pentingnya konseling pada anak ABK (anak berkebutuhan khusus) dalam permasalahan tunarungu dalam perspektif psikologis, sosial dan budaya, serta perkembangan pengetahuan dan iptek. Metode penelitian dengan kualitatif danĀ  observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menceritakan bagaimana konseling dilakukan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling sangat dibutuhkan bagi anak berkebutuhan khusus karena beberapa keadaan, seperti ketidakstabilan psikologis atau emosi, serta pengaruh bullying atau tekanan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi di masyarakat, serta keahlian anak ABK dalam berpartisipasi perkembangan mereka melalui aksi di internet penggunaan teknologi canggih. Penelitian ini menunjukkan bahwa konseling sebenarnya adalah dasar penelitian pada anak berkebutuhan khusus yang bermanfaat untuk mengidentifikasi bakat dan potensi. sebagai upaya untuk mengatasi masalah anak ABK

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2018). Perlunya Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sekolah (Ditinjau Dari Aspek Psikologis, Sosial Budaya dan Perkembangan Iptek). Jurnal Education and Development, 4(1), 56-56.

Aisyah, Siti (2018) Perlunya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (Ditinjau dari Aspek Psikologis, Sosial Budaya dan Pengembangan IPTEK). Jurnal Pendidikan dan Pembangunan. 4(1), 12-19

Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Foluke, NB & Oluwabunmi, OO (2017). Pengaruh Layanan Konseling terhadap Persepsi Kinerja Akademik Siswa Sekolah Menengah di Lagos State. Jurnal Internasional Instruksi. 10(2), 211-228

Hadi, A., & Laras, P. P. B. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam pendidikan inklusi. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 17-24.

Nurhasanah, L. (2021, August). Bimbingan dan Konseling sebagai Wadah Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.3927


Refbacks

  • There are currently no refbacks.