Konseling kelompok teknik muhasabah diri dalam mereduksi fear of missing out (fomo) pada siswa

Aisha Zuleyka, Tri Sutanti

Abstract


FoMO merupakan keinginan untuk terus terhubung dengan apa yang dilakukan orang lain dan merasa khawatir ketika orang lain bersenang-senang tanpa mereka. FoMO disebabkan karena aktivitas berlebihan dalam mengakses media sosial melalui internet. FoMO saat ini marak terjadi dikalangan remaja karena remaja lah yang menjadi pengguna terbanyak media sosial. FoMO memiliki banyak dampak negatif untuk remaja, sehingga memerlukan penanganan untuk mereduksi FoMO pada remaja agar tidak terlalu jauh mempengaruhi perkembangannya. Pihak yang dapat membantu dalam hal ini ada pendidikan khususnya bimbingan dan konseling. Layanan konseling kelompok dalam bimbingan dan konseling memiliki potensial untuk membantu menangani FoMO pada remaja. Hal tersebut karena asumsinya yang memberikan kenyamanan untuk remaja dalam mengutarakan permasalahannya karena merasa dia tidak sendiri yang memiliki masalah. Dikombinasikan dengan teknik muhasabah diri dengan sentuhan konseling islami akan cocok digunakan oleh remaja. Remaja yang masih belum cukup matang dan stabil dalam emosinya karena fase mencari identitas diri tentu memerlukan sentuhan spiritualitas agar di masa krisisnya mereka tetap dapat menjaga dirinya dengan baik dan tidak terbawa dalam hal negatif. Bermuhasabah membantu dalam menyadarkan akan baik buruknya perbuatan yang belum dilakukan maupun telah dilakukan. Dapat mengevaluasi apakah perbuatannya memiliki dampak baik untuk dirinya atau hanya mengikuti hawa nafsu saja. Dengan kesadaran diri tersebut tentunya menjadi langkah awal dan penting untuk individu dapat mengubah perilaku dirinya ke arah yang lebih positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling kelompok teknik muhasabah diri pada siswa untuk mereduksi FoMO. Dalam penelitian ini, digunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan sumber yang relevan dengan pokok pembahasan penelitian ini. Adapun hasil yang ditemukan yaitu strategi konseling kelompok teknik muhasabah diri dalam mengatasi berbagai masalah siswa termasuk FoMO.

Full Text:

PDF

References


Abigail, M. F. (2021). Implementasi E-Commerce Menggunakan Low Code Programming pada Sam’s Foodie Berbasis Responsive Web. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie.

Firosad, M. (2017). Menilik kajian konseling karir.

Hanifah, A. I., Nur, R., & Putra, C. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Desa Kedungdadi Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(1), 107–112. https://jamsi.jurnal-id.com

Haris, M. (n.d.). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Melalui Website Jurusannet Untuk Membantu Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Pada Siswa SMA.

Hijri, F. (2018). Eksplorasi Karier Dan Kebimbangan Karier Siswa Sma Di Jadebotabek. Schema (Journal of Psychological Research), 128–139.

Hotma Rosalin, T. S. E. P. (2018). Hotma rosalin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman , v.

Khoerul Anwar, M., & Purwanta, E. (2016). Pengembangan Buku Kerja Eksplorasi Karier Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Ali Maksum Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Developing Career Exploration Workbook For Junior High School Students At Ali Maksum In Bantul,Special Region Of Yogyakarta.

Lestari Kadiyono, A., Gunawan, G., Budiarto, A., Andriani, E., Maranatha, K., Psikologi, F., & Jenderal Achmad Yani, U. (2020). INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING. Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. 4, 253–273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4

Nur, T., Sujana, F., Fajar Prasetya, A., & Made, I. G. (2023). Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary

PUTRA, A. S. H. (2017). Putra. University of Muhammadiyah Malang.

Sodiq, D., & Herdi, H. (2021a). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 540. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.3951

Sodiq, D., & Herdi, H. (2021b). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 540. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.3951

Suprastowo, J. (n.d.). Pengembangan Media “Pinball Basket” Tentang Perencanaan Karir Siswa SMA.

Wanda, R., Bimbingan, F., Konseling, D., Nuryono, W., Pd, S., & Pd, M. (2014). Di Sma Surabaya Selatan Survey Of The Perception And Readiness For Counselors To Guidance And Counseling Based On Curriculum 2013 In South Surabaya High School.

Yunika Khairun, D., Sri Sulastri, M., & Hafina, A. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.