Analisis bibliometrik: Kajian efikasi diri di indonesia 2019-2023

Yasifa Amila Sani, Amien Wahyudi

Abstract


Keyakinan peserta didik pada kemampuan dirinya untuk berkembang lebih baik  merupakan hal yang sangat penting untuk bagaimana peserta didik mampu mengembangkan bakat atau kemampuan dirinya. Dalam hal ini dibutuhkan peran seorang guru dalam mendorong peserta didik untuk mendapat keyakinan bahwa peserta didik tersebut mampu dalam kegiatan yang ia kuasai, tentu saja di sini peran guru bimbingan konseling di sekolah sangat penting di mana guru bimbingan konseling dapat menuntun peserta didik untuk mengenali diri peserta didik lebih baik untuk meningkatkan keyakinan dalam kemampuan diri peserta didik atau juga bisa di sebut dengan efikasi diri. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan tren riset salah satu bagian dari psikologi positif dengan fokus riset dari tahun 2019-2023. Selain itu penelitian ini juga menganalisis penulis yang mempunyai tema riset efikasi diri. Studi ini menggunakan analisis bibliometrik dengan data sebanyak 500 dokumen pencarian google scholar berbantuan Publish or Perish (POP). Data kemudian disimpan dalam bentuk RIS dan di imput pada VosViewer dengan hasil 20 kata kunci dan 4 klaster sesuai kata kunci pencarian efikasi diri, peserta didik, akademik, belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik kajian efikasi diri mempunyai hubungan dengan akademik peserta didik dan juga ada pengaruh juga kepada kegiatan belajar peserta didik. Nyatanya terdapat implikasi riset ini akan membantu serta menjadi bahan dasar penelitian untuk meneliti tingkat efikasi diri pada peserta didik di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Peserta didik SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). Konseling Edukasi: Journal Of Guidance And Counseling, 4(1).

Datulengken, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Menjadi Penyebab Masalah Belajar Peserta didik.

Dewi, Y. P., & Mugiarso, H. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Efikasi Diri Dalam Memecahkan Masalah Melalui Konseling Individual Di SMK Hidayah Semarang. 6.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik, Journal Of Social and Culture.

Mawardi, M., & Indayani, S. (2019). Faktor-Faktor Penunjang Kemampuan Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Lae Langge Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 98–113. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i2.3963

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32.

Wahyuningsih, P., Hasanah, H., & Hasibuan, A. T. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran Di Abad 21. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 3(1), 10–18.

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional pendidikan indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.

Zamroni, M. A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11–21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.