Literatur review: Efektivitas bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa kelas xii

Ananda Rico Kresna Murti, Aprilia Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sekaligus alternatif tentang bimbingan kelompok teknik homeroom untuk membantu meningkatkan kematangan pemilihan karir bagi individu. Karir seorang siswa juga diartikan sebagai kesiapan seorang individu untuk membuat keputusan tentang karir mereka, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan. Kematangan karir ditandai dengan kemampuan para siswa untuk merencakan atau mematangkan karir secara tepat yang disertai akan cara-cara yang nyata untuk menggapainya. Sehingga dengan adanya layanan bimbingan kelompok teknik homeroom ini menjadikan alternatif dalam penyelesaian permasalahan dalam karir siswa. Metode yang diterapkan yaitu studi literatur review dengan mengumpulkan sumber bacaaan yang sesuai apa yang akan peneliti fokuskan. Hasil dan pembahasan dalam artikel ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa-siswi. Berdasarkan hasil analisis peneliti menunjukan bahwa bimbingan kelompok yang dapat digunakan untuk meningkatkan kematangan pemilihan karir siswa yaitu teknik homeroom

Full Text:

PDF

References


Alvarez González, M. (2008). Career Maturity: A Priority For Secondary Education.

Anselmus Dami, Z. (2018). Kematangan Karir Dan Konsep Diri Sebagai Prediktor Motivasi Berprestasi.

Ariyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Siswa Kelas X Multimedia 1 Smk N 1 Bojong Gede Ta. 2021-2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V3i2.9694

Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), Article 1.

Christiana, E. (T.T.). Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Indah Tri Lestari.

Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 23–34.

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.33541/Sel.V2i1.1003

Krisphianti, Y. D., & Nurwulansari, F. A. (2022). Skala Kematangan Karier Siswa Smk. Nusantara Of Research (Nor), 9(1), Article 1.

Mahmud, A., & Sunarty, K. (2012). Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan Dan Konseling: Vol. Cet. 1. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/2219/

Nadia, A. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Penyalahgunaan Narkoba Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Pulau Panggung Tahun Ajaran 2021/2022 [Phd Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.

Nafiah, A., & Handayani, A. (2014). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Untuk Penurunan Perilaku Agresif Siswa. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.26877/Empati.V1i1/Oktober.657

Nugroho, W. D. (2015). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 0, Article 0. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Index.Php/Fipbk/Article/View/218

Nuraqmarina, F., & Risnawati, E. (2018). Keputusan Pemilihan Karir: Studi Komparatif Pada Siswa Remaja Jurusan Ipa Dan Ips. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.15575/Psy.V5i2.3068

Pertiwi, N. P., Sumarwiyah, S., & Hidayati, R. (2019). Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).

Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa Sma. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03). Https://Doi.Org/10.30996/Persona.V3i03.411

Rahma, U., & Rahayu, E. W. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga Dalam Membentuk Kematangan Karier Siswa Smp. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 194–205.

Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Viii Smp H Isriati Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1 Mei), Article 1 Mei. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V2i1

Ridha, M., & Akbar, Z. (2020). Implementasi Teknik Home Room Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Melatih Kepercayaan Diri Siswa Sma Negeri 1 Sitolu Ori Nias Utara. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.22373/Je.V6i2.6827

Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), Article 1.

Rizka Nasma, 160901010. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Panti Asuhan Sos Children’s Village Banda Aceh [Skripsi, Uin Ar-Raniry]. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/17142/

S, M. A. R., & Fauziah, M. (2022). Literatur Review: Teknik Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Pemilihan Karir Bagi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2(0), Article 0. Http://Www.Seminar.Uad.Ac.Id/Index.Php/Psnbk/Article/View/12317

Sari, N. I. P. (2016). Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Setyowati, W. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karier Siswa Kelas X Smk T & I Kristen Salatiga [Thesis, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fkip-Uksw]. Https://Repository.Uksw.Edu//Handle/123456789/1792

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa Smk. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.26737/Jbki.V1i1.96

Tadjri, D. M. L. M. E. W. I. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Jubk.V2i1.1230

Tohirin; (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi) (Jakarta) [Text]. Rajawali Pers.

Umah, R. (2020). Pengaruh Kematangan Karir Terhadap Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi [Phd Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wicaksono, G. (2013). Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia Smk Ikip Surabaya [Phd Thesis]. State University Of Surabaya.

Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas Xi A¬Ph 1 SMK N I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.26877/Empati.V5i1.2926


Refbacks

  • There are currently no refbacks.