Pendekatan konseling teknik rational emotive behavioral therapy (rebt) untuk mengatasi perilaku self injury pada siswa

Archy Krisna Aji, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai permasalahan perilaku self-injury yang dilakukan siswa dimana mereka melukai dirinya sendiri. Penelitian ini merupakan telaah pustaka dengan tujuan untuk mengatasi perilaku Self-injury siswa. Melalui konseling individu teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kefektivan pendekatan REBT untuk mengatasi perilaku self-injury pada siswa. Penelitian ini merupakan kajian literature dengan berlandaskan artikel-artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Metode dalam penelitian ini yaitu systematic literature review dengan mencari dan mengulas artikel menggunakan mesin pencari jurnal. Prosedur penelitian meninjau beberapa artikel menggunakan prosedur yang meliputi : identifikasi, analisis dan pembahasan. Analisis data yang digunakan yaitu ekstraksi data. Berdasarkan hasil ekstraksi data dari artikel diketahui bahwa pendekatan konseling teknik REBT efektive untuk mengatasi perilaku self-injury

Full Text:

PDF

References


Bidayah, A. Netrawati. Karneli, Y. (2023). Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Dalam Mengatasi Perilaku Self Injury Remaja: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.77

Fadhila, Feby. (2020). Implementasi konseling rational emotive behavior therapy (REBT) islami dalam penanganan self injury pada remaja di kabupaten tulungagung. Institusional Repository. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18219

Faried, L., Noviekayat, I., & Saragih, S. (2018). Efektivitas pemberian ekspresif writing therapy terhadap kecenderungan self -injury ditinjau dari tipe kepribadian introvert. Jurnal Psikovidya, https://doi.org/10.37303/psikovidya.v22i2.108

Martin J. Turner, S., H., & Davis. (2019). Exploring the effects of rational emotive behavior therapy on the irrational beliefs and self-determined motivation of triathletes. Journal of Applied Sport Psychology, 31(3), 253-272. https://doi.org/10.1080/10413200.2018.1446472

Melamita, A & Syukur, Y. (2022). Efektifitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengatasi Tendensi Perilaku Self Injury Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(1), 162-168. https://doi.org/10.29210/022045jpgi0005

Mustamiin, Z, M. (2019). Konseling Individu Dengan Sikap Kecanduan Game Online Mobile Legend Pada Siswa. Jurnal Visionary, 7(1). https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.1980

Normanisa, M, Anwar, K & Auliah, N. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Self Injury Pada Peserta Didik Kelas VII F Di Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. 6(1). http://ojs.uniska.ac.id/index.php/BKA

Putri, R, N & Nusantoro, E. (2020). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecendrungan Perilaku Self Injury Pada Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Tembalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 139-151. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6324

Rakhmi, I., Defani. (2021). Rational emotive behavior Therapy untuk menurunkan perilaku melukai diri pada pasien dengan gangguan kecemasan umum. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 9(1), 18-23. https://doi.org/110.22219/procedia.v9i1.15799

Utami, S, Z, W. (2021). Pengaruh Konseling Individu Terhadap Potensi Diri Anak Tunarungu Di Sekolah Inklusi. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling, 6(2), 1326-1430. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.