Peran guru bk dalam membangun personal branding di media sosial sebagai sarana pengembangan karir di era society 5.0

Adinda Rima Melati Putih, Siti Muyana

Abstract


Membangun pesonal branding di media sosial adalah hal yang perlu dikembangkan sebagai upaya menghadapi era society 5.0. Personal branding yang baik akan membantu kita dalam mengembangkan karir dan mengahadapi dunia kerja yang keras. Pemahaman tentang personal branding perlu disampaikan sejak dini dan salah satu medianya adalah layananyang dilakukan guru bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan dari penulisan ini untuk memberikan informasi mengenai hal-hal yang akan dihadapi dan perlu dipersiapkan dalam membangun personal branding di media sosial sebagai sarana pengembangan karir di era society 5.0 serta bagaimana guru bimbingan dan konseling berperan dalam memberikan pemahaman tersebut kepada siswa. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan kajian literatur. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan analisis tema melalui berbagai jenis data seperti jurnal, karya ilmiah, dan buku yang memiliki keselarasan topik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2021a). Berita Resmi Statistik (5 Mei 2021). In Bps.Go.Id (Issue No.36/05/Th.XXIV). https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd20210505113458.pdf

Burgess, J., & Green, J. (2018). YouTube: Online video and participatory culture. John Wiley & Sons.

Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57–71.

Fauziah, F., Iswari, M., & Daharnis, D. (2022). Peran Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Memasuki Era Society 5.0 [The Role Of Guidance And Counseling To Improve Students’career Maturity Entering The Society 5.0 Era]. Al-Ihtiram: Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1).

Franzia, E. (2018). Personal Branding melalui media sosial. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 15–20.

Friedman, A. (2015). Me, Inc. New Republic, 246(12), 40–45.

Gratschew, M. (2016). A netnographic study of how professionals perceive personal branding in LinkedIn.

Hermawan, F. (2022a). Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media komunikasi digital masa kini. JEBM. Jurnal Manajemen, 14(3), 564–573.

Hermawan, F. (2022b). Analysis of interest of the YouTube platform users as a medium of digital communication today. Jurnal Manajemen, 14(3), 564–573.

Heroen, D. (2014). Personal Branding. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kesuma, R. G., Pambudi, A. T., & Aliyah, S. N. (2018). Kelompok Psikoedukasi sebagai Strategi Meningkatkan Self-Efficacy Pengambilan Keputusan Karier dan Adaptabilitas Karier Peserta Didik SMP di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional: Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi, 242–247.

Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Özdemir, V., & Hekim, N. (2018). Birth of industry 5.0: Making sense of big data with artificial intelligence,“the internet of things” and next-generation technology policy. Omics: a journal of integrative biology, 22(1), 65–76.

Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari, 22(1), 143–158.

Pertiwi, W. N. B., Purbohastuti, A. W., & Nurhayati, E. (2020). Membangun Personal Branding melalui YouTube. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 61–69.

Petruca, I. (2016). Personal branding through social media. International Journal of Communication Research, 6(4), 389.

Putri, N. D. A., Nugroho, A. A., & Satwika, P. A. (t.t.). Pandangan akan Masa Depan dan Kematangan Karier Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 7(1), 60–67.

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101.

Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3), 195–213.

Rokhmah, N., & Jusep, S. (2019). Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum. Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum.

Sainuddin, I. H. (t.t.). Jenis Jenis Layanan Bimbingan Dan Konseling.

Salamin, P., & Hermawan, F. (2017). Analisis Bisnis Model Kanvas dan Kelayakan Keuangan (Studi Kasus Pada Teri Sambal Terateri). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 31–38.

Sekarwangi, K., Suryono, J., & Hariyanto, H. (2022). Personal Branding Lizzie Parra sebagai Influencer Pada Produk BLP Beauty di Instagram. Media and Empowerment Communication Journal, 1(1), 53–67.

Setyanto, Y., & Winduwati, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Personal Branding di Era Digital. Seminar Nasional Hasil Penerapan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, 3, 181.

Silvia, A. R. (2020). Penguatan Inovasi Layanan BK From Pandemi To Endemic. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 7(1).

Skobelev, P. O., & Borovik, S. Y. (2017). On the way from Industry 4.0 to Industry 5.0: From digital manufacturing to digital society. Industry 4.0, 2(6), 307–311.

Suharto, C. Y. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari CYN. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Remaja Dan Konformitas Teman Sebaya (N. Hidayati. Ahlimedia Book.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.