Analisis bibliometrik: Kajian prokrastinasi akademik di indonesia tahun 2022-2023

Imel Destri Ramadhona, Agus Ria Kumara

Abstract


Pendekatan dalam bidang layanan bimbingan dan konseling terus berkembang. Diantara pendekatan konseling tersebut menjadikan paradigma psikologi positif sebagai landasan dalam membantu menyelesaikan masalah individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan trend riset salah satu bagian dari psikologi positif yaitu prokrastinasi akademik dengan fokus riset dari tahun 2013-2023. Selain itu penelitian ini juga menganalisis penulis yang memiliki tema riset prokrastinasi akademik. Pada penelitian ini bisa menggunakan sebuah analisis bibliometrik dengan menggunakan sampel data sebanyak 400 dokumen pada pencarian berbentuk google schoolar berbantuan Publish or Perish (POP). Data kemudian dapat disimpan dalam bentuk CSV dan diinput pada VosViewer dengan hasil 10 kata kunci dan 6 klister sesuai kata kunci pencarian prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik kajian prokrastinasi akademik bervariasi antara kajian korelasional, intervensi, pelatihan dan konseling. Intervensi prokrastinasi akademik menjadi kajian yang dominan dilakukan di Indonesia dibandingkan dengan kajian konseling, pengaruh dan korelasional. Implikasi dari riset ini adalah menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait konseling prokrastinasi akademik di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aini, Z., & Heni, R. (2018). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/taujih.v1i2.7202

Aprillia, R. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMA Ali Maksum. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Arianti, A. E., & Kumara, A. R. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa BK UAD Pada Masa Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1(0), Article 0. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/8032

digilib—Digital Library Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (t.t.). Diambil 14 Juli 2023, dari https://digilib.uad.ac.id/penelitian/Penelitian/detail/102705/teknik-self-management-dalam-konseling-kelompok-utuk-mereduksi-prokrastinasi-akademik-pada-siswa-kelas-viii-di-smp-negeri-12-yogyakarta

Mulyana, A. (t.t.). UNDANG-UNDANG (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Kewarganegaraan. Diambil 10 April 2023, dari https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html

Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.