Layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self esteem siswa SMPN 15 Banjarmasin

Ahmad Ridho Billah, Luth Febriano, Rudi Haryadi, Yulizar Abidarda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh program konseling kelompok terhadap self-esteem siswa SMPN 15 Banjarmasin. Program ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam tingkat self-esteem siswa sebelum dan setelah mengikuti program konseling kelompok. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan mendapatkan dukungan dari konselor atau fasilitator berpengalaman. Faktor-faktor seperti jenis kelamin dan usia siswa juga mempengaruhi efektivitas program. Berdasarkan temuan ini, disarankan bagi sekolah untuk mengintegrasikan program konseling kelompok dalam kurikulum dan kegiatan sekolah secara terstruktur dan berkelanjutan. Kerjasama dengan lembaga konseling profesional, peningkatan dukungan dari guru dan staf sekolah, serta evaluasi program secara berkala juga merupakan saran yang pentin

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., Yuliansyah, M., & Handayani, E. S. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa Broken Home Di Kelas Xi Man 4 Banjar. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 1. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.5266

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling (9th ed.). Cengage Learning.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).

Harter, S. (2015). The Construction of the Self: Developmental and Sociocultural Foundations (2nd ed.). Guilford Press.

Khoiriyah, K., & Habsy, B. A. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Sma. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 127–135. https://doi.org/10.21009/pip.322.5

Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169

Wardhani, R. C., Handaka, I. B., Setyowati, A., & Utomo, B. N. (2022). Upaya Meningkatkan Self-Esteem Siswa Melalui Konseling Kelompok menggunakan Solution Focused Brief Counseling. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13404–13412. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4577%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4577/3861


Refbacks

  • There are currently no refbacks.