Mengembangkan media podcast untuk mereduksi kecemasan ujian akhir pada siswa

Agung Dwi Febriansyah

Abstract


Podcast memiliki peluang besar sebagai sumber belajar dan menjadi tren pendidikan di abad ke-21. Podcast memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan materi yang berkaitan dengan pelajaran saat mereka sedang melakukan kegiatan lain keunggulan podcast terletak pada fleksibilitasnya yang memungkinkan para pengguna untuk mengaksesnya kapan saja sesuai dengan waktu pembelajaran, sehingga lebih efektif dan efisien. Manfaat lain dari podcast adalah kemampuannya untuk melampaui batasan ruang dan waktu, bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja. Sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif dan efisien, podcast memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking. Podcast audio dianggap efisien karena sifatnya yang praktis dan mudah digunakan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan fokus menghasilkan produk berupa media podcast. Setiap produk yang dikembangkan melibatkan prosedur penelitian yang berbeda. Dalam konteks penelitian ini, produk yang dikembangkan adalah media podcast yang menggunakan format podcast sebagai alat untuk mengurangi kecemasan siswa saat menghadapi ujian akhir. Dalam penelitian ini, digunakan dua model pengembangan yaitu model pengembangan 4D dan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi 4 tahapanBerdasarkan hasil di atas, seperti penelitian yang di lakukan Hutabarat, P. M. (2020). menunjukkan hasil signifikan bahwa podcast mampu meningkatkan kepuasan belajar siswa dan membantu siswa dengan materi pembelajaran.penelitian yang dilakukan oleh (Mayangsari & Tiara, 2019) mengenai "Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial untuk melihat efektivitas media pembelajaran podcast berbasis teknologi informasi audio" dengan metode penelitian pengembangan menggunakan konsep Research and Development ADDIE Secara keseluruhan, penelitian yang dilakukan oleh Azhari et al. (2023) mengenai "Pengembangan media podcast terhadap kepercayaan diri siswa SMP Mutiara Bandung" dengan tujuan menciptakan podcast sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Kecemasan adalah pengalaman emosional yang tidak menyenangkan dan menyakitkan. Tahap ini bertujuan untuk merencanakan tampilan dan isi dari media podcast yang akan dikembangkan. data kuantitatif dapat berupa angka atau skor yang diperoleh dari tinjauan ahli atau uji coba terkait media podcast. kemampuan untuk diakses kapan saja dan di mana saja membuatnya menjadi alat yang efektif dalam pendidikan jarak jauh.

Full Text:

PDF

References


Aristawati, A. R., Psi, S., & Psi, M. (1945). Kecemasan Akademik Mahasiswa Menjelang Ujian Ditinjau Dari Jenis Kelamin. In Universitas (Vol. 1, Issue 01).

Azhari, N., Hidayat, W., Masyita Suherman, M., & Studi Bimbingan Dan Konseling, P. (2023). Pengembangan Media Podcast Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Smp Mutiara 4 Bandung. 6(2). Https://Doi.Org/10.22460/Fokusv6i2.11350

Fauzi, R., & Harfan, I. A. (N.D.). Communicative Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah Volume 1 Nomor 2 Desember 2020 Implikasi Podcast Di Era New Media. Http://Journal.Bungabangsacirebon.Ac.Id/Index.Php/Communicativehalaman

Hayat, A. (2014). Kecemasan Dan Metode Pengendaliannya (Vol. 01).

Kesehatan, J. I., Husada, S., Pebriyani, U., Sandayanti, V., Pramesti, W., & Safira, N. (2020). Social Support With Student Anxiety Level In Facing The National Final Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Akhir Nasional The Social Support With Student Anxiety Level In Facing The National Final Examination. Juni, 9(1), 72–85. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i2.221

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126–135.

Pendidikan Bahasa Jepang, J., Rahayu, N., & Basri, M. (2023). Pemanfaatan Podcast Sakura Tips Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Choukai Di Universitas Riau Prodi Bahasa Jepang. Jpbj, 9(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.