Sosialisasi anak berkebutuhan khusus di lingkungan inklusif

Beny Dwi Pratama, Tyas Martika Anggriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sosialisasi anak berkebutuhan khusus di lingkungan inklusi, sehingga seorang individu mendapatkan keterampilan, pemahaman, norma dan nilai supaya bisa turut serta (partisipasi) atau bagian dari suatu kelompok masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan kajian jurnal sebagai data penelitian. Hasil penelitian yang dipeoleh adalah sosialisasi anak berkebutuhan khusus di lingkungan inklusi dapat di terapkan melalui dengan berbagai cara, salah satunya adalah memberikan kegiatan kebersamaan seperti mengikuti kegiatan rutunitas yang dilakukan sekolah, misalnya upacara, ekstrakulikuler sekolah, mata pelajaran olahraga, kesenian dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. Dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, anak berkebutuhan khusus dapat belajar terkait bagaimana mentaati peraturan yang ada di suatu lingkungan, menghargai, menghormati, berinteraksi, berkomunikasi, meminta bantuan dan bersolialisasi dengan baik di lingkungannya.

Full Text:

PDF

References


Amelia, N., Fauziah, N. R. A., & Setyawan, A. (2022). Analisis Sistem Pembelajaran Slb Samudra Lavender Bangkalan Dalam Upaya Mengembangkan Fungsi Sosialisasi Dan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2 (3), 263-279. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.660

Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Autis Melalui Teknik Shaping. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 162. https://doi.org/10.26638/jfk.505.2099

Anisa, R. N. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik PJBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Pilihan Karir Siswa Tunarungu. 2(07), 5–11. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i07.453

Diantika, R., Hufad, A., & Achdiani, Y. (2020). Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi Lingkungan Inklusi dan Kemampuan Bersosialisasi : Studi Terhadap Pola Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). 10 (1).

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 1–6.

https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/soshum/article/view/156

Istanto, et. al. (2020). Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas. Jambura: Journal of Education Management, 1, 27–40.

Lestari, W. D., Martika Anggriana, T., & Pratama, B. D. (2020). Pengaruh Empati Dan Bystander Effect Terhadap Perilaku Prososial Siswa Smp. 4 (1), 1–10.

Nani, D., Ekowati, W., & Hara, R. (2010). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, pengaruhdukungansosial. http://ejournal.stikesmuhgombong.ac.id/JIKK/article/view/83/69

Prasasti, S. (2019). Mengembangkan interaksi sosial anak kebutuhan khusus dengan konseling kelompok di YPAB SLB Suci Prasasti. 19 (1). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/view/1289

Purwanto, E. (2012). Upaya meningkatkan eksplorasi karier anak berkebutuhan khusus. 1(2). http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.2462

Riana, R., Hanurawan, F., & Sa, C. (2021). Penerimaan Sosial Lingkungan Inklusi terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus. 6(10), 1520–1526.

Seno. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Berkebutuhan Khusus : Studi Meta Analisis. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 14(2), 35–40. https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v14i2.3474

Septianingrum, A. D., Dewi, D. A., & Yuniarti, Y. (2023). Efektifitas Guru dalam Penanganan ABK (Anak berkebutuhan khusus) di SDN Cipinang Muara 07 PG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 6247–6254.

Suharni, S., Kadafi, A., & Pratama, B. D. (2023). Kolaborasi Membangun Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah dan Orang Tua di SLBN Sambirejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 161–167. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1740

Wardani, M. A. K. (2022). Implementasi Modifikasi Kurikulum Upaya Pengembangan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Autism. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 148–158. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.148-158

Wibowo, S. B., & Anjar, T. (2015). Studi Kasus Pola Relasi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tuna Daksa Yang Berada Di Sd Umum(Inklusi) Di Kota Metro. Jurnal Sosio Humaniora, 6(1), 23–33.

Yusuf, M. M., Manullang, T. I. B., Sunardi, S., & Saripah, I. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling terhadap Kompetensi Konselor di Lingkungan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 128–137. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.637


Refbacks

  • There are currently no refbacks.