Literatur review: Strategi layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self awareness pada siswa

Khoeri Fadillah, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Setiap individu memiliki kesadaran diri atau self-awareness yang sangat penting. Melalui kesadaran diri, seseorang dapat memahami dan menilai dirinya sendiri berdasarkan kemampuan dan kepercayaan yang dimiliki. Kesadaran diri yang kuat membantu individu mencapai perkembangan diri yang sesuai dengan tahapnya. Remaja seringkali memiliki tingkat self-awareness yang rendah karena mereka sedang mengalami perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kognitif, emosional, karakter, dan pencarian identitas diri. Oleh karena itu, Konseling kelompok memiliki relevansi yang besar bagi remaja karena memberikan mereka kesempatan untuk mengungkapkan gagasan, perasaan, dan permasalahan yang mereka hadapi, serta membantu mereka mengatasi keraguan dalam diri mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan konseling dalam meningkatkan self-awareness siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mengumpulkan data dari Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan realita terbukti efektif dalam meningkatkan self-awareness siswa. Oleh karena itu, berbagai pendekatan dan teknik dalam konseling kelompok memiliki efektivitas dalam meningkatkan self-awareness siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. Y. A., Amalia, R. M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Relijiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 265-270.

Andriati, N. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Sopan Santun Siswa SMP. LITERATUS, 4(1), 329-336.

Arofah, L., & Sancaya, S. A. (2022, August). Self Awareness: Suatu Kecakapan Yang Harus Dikuasai Dalam Pengambilan Keputusan Karier. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp. 907-914).

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.

Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2017). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 19-24.

Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan interaksi sosial siswa kelas x SMA Negeri 1 Lahusa tahun pembelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(2), 13-22.

Hafizha, R. (2021). Profil Self-Awareness Remaja. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 159-166.

Hastuti, R., Arimurti, P. Z., & Hidayah, W. (2022). Psikoedukasi Terkait Self-Awareness Pada Siswa SMP. Prosiding SENAPENMAS, 2(1), 34-40.

Hasyim, H., & Sulaeman, S. (2022). Self-awareness of Makassar city football athletes on facing the 17th provincial sports week 2022. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 12(2), 139-150.

Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2017). Perbedaan perilaku prososial dan self awareness terhadap nilai budaya lokal jawa di tinjau dari jenis kelamin pada siswa sma kyai ageng basyariyah kecamatan dagangan kabupaten madiun. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17-30.

Muiz, G. A., Marlina, E., & Miharja, S. (2017). Peran layanan konseling kelompok terhadap perilaku agresif pelajar. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(2), 203-220.

Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Efektifkah?. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49-58.

Qowimah, S. N., Almahira, K. J., Rahma, D. A., Satrio, A. B., Nuzul, H. M., Puteri, S. N. Y., ... & Andyarini, E. N. (2021). Hubungan Self Confidence dan Self Awareness dengan Komunikasi Efektif pada Mahasiswa. Indonesian Psychological Research, 3(2), 109-120.

Sari, N. L., Rosra, M., & Mayasari, S. (2019). Penggunaan konseling gestalt untuk meningkatkan self awareness siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1).

Sugiarto, S., & Suhaili, N. (2022). Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 100-105.

Sulistianingsih, S., & Widiantari, D. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Coution: journal of counseling and education, 1(1), 59-69.

Wahyudi, W. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13-16.

Wahyuni, S. (2018). Konsep Dasar Konseling Kelompok. Hikmah, 12(1), 78-97.

Yandri, H., Rahayu, G., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.