Pengembangan aplikasi focus now berbantuan androiod tentang prokrastinasi akademik untuk siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Agus Dwi Hatmoko, Hardi Prasetiawan

Abstract


Prokrastinasi akademik seringkali menjadi tantangan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile bernama “Focus Now” dengan menggunakan platform Android. Aplikasi ini khusus untuk siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjadi sampel dalam pengujian aplikasi ini. Analisis kebutuhan dilakukan melalui wawancara dengan siswa dan guru untuk memahami permasalahan yang dihadapi prokrastinasi akademik dan fitur-fitur yang dibutuhkan dalam aplikasi. Desain aplikasi didasarkan pada analisis kebutuhan, dengan fokus pada pengaturan target waktu, pengingat tugas, dan pelacakan kemajuan tugas. Setelah dilakukan perancangan, aplikasi diimplementasikan menggunakan platform android. Uji coba dilakukan dengan melibatkan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam menggunakan aplikasi Focus Now selama beberapa minggu. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik dari siswa dan guru mengenai keefektifan dan kebermanfaatan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi Focus Now dapat membantu mahasiswa mengatasi prokrastinasi akademik. Fitur seperti pengaturan target waktu dan pengingat tugas membantu siswa tetap fokus dan meningkatkan produktivitas. Pelacakan kemajuan tugas memberikan motivasi tambahan bagi siswa untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Kesimpulannya, pengembangan aplikasi Focus Now berbantuan Android dengan metode R&D memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Aplikasi ini adalah alat yang praktis dan efisien untuk mengelola tugas sekolah dan meningkatkan keterampilan manajemen waktu siswa

Full Text:

PDF

References


Aklima, Y., Supriyanto, A., Antara, U., Negeri, S., & Batu Universitas Ahmad Dahlan Sma Negeri, M. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Muara Batu)

Al Habsy, B. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatu.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Keilmuan Bimbingan Dan Konseling. 2

Hendrawati, H. (2016). Analisis Potensi Tenaga Kerja Lokal Di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (Bijb) Di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan Dan Konseling.

Irsyad, H.(2016). Aplikasi Android Dalam 5 Menit Edisi Revisi. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Q4pkdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Aplikasi+Android&Ots=483v5aoq2n&Sig=Eyvm36evqfrbmthgpkmakm4ipeo&Redir_Esc=Y#V=O Nepage&Q=Aplikasi%20android&F=False

Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Sma Di Era Covid-19. Dalam Edisi Khusus (Nomor 1). Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jki

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. Https://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V8i1.1868

Ndruru, H., Zagoto, F. L., Laia, B., Bimbingan, G., Konseling, D., & Selatan, N. (2022). Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Https://Jurnal.Uniraya.Ac.Id/Index.Php/Counseling

Putri, A., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2020). Buku Panduan Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Saintifik. https://books.google.co.id/books?id=9TcWEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=aplikasi+and roid+dalam+pendidikan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage& q=aplikasi%20android%20dalam%20pendidikan&f=false

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. www.insikapub.com

Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204–223. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106266

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan

Winarso, W. (2023). Mengelola Prokrastinasi Akademik - Jejak Pustaka: Pendekatan Psikoedukasi. https://books.google.co.id/books?id=zlPJEAAAQBAJ&pg=PA8&dq=prokrastinasi+akademik+ merupakan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwj42cv8z5KAAxUB1jg GHdOEB7EQ6AF6BAgHEAI#v=onepage&q=prokrastinasi%20akademik%20merupakan&f=fa lse

Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=98phDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=aplikasi+android&ots=OGal18t91z&sig=XP7Id2Fk50MLarGIx2rjGba_pBs&redir_esc=y#v=onepag e&q=aplikasi%20android&f=false


Refbacks

  • There are currently no refbacks.