Problem solving dalam bimbingan kelompok: alternatif solusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa sekolah menengah atas (SMA)

Aliftiana Abbiyah Safitri, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kebermaknaan pendekatan problem solving dalam konteks bimbingan kelompok sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka atau literatur. Pada penelitan ini pengumpulan data yang digunakan berupa buku yang relevan dan teks jurnal yang berkaitan dengan problem solving dalam bimbingan kelompok dan komunikasi intpersonal siswa. Pendekatan problem solving digunakan sebagai landasan untuk mengarahkan kelompok untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah komunikasi interpersonal yang mereka hadapi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan memaparkan, menghubungkan, membandingkan, dan menyimpulkan dari pendapat para ahli sebelumnya, serta menggunakan sumber kepustakaan dan literatur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa agar lebih memahami akan pentingnya teknik problem solving untuk meningkatkan komunikasi interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui keefektifan teknik problem solving menggunakan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2021). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Pada Anak Sekolah Tingkat SMP Di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang (Doctoral Dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Garcia, LM., & Davis, K. A. (2020). “Enhaching Interpersonal CompetenciesThrough Grup Counseling A Problem-Solving Aproach”. Jurnal of School Counseling.

Hananto, Ipung. (2019). Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dan Self Manajement Untuk Meningkatkan Self Eficacy Peserta Didik. Seminar Nasional Edusaintek 2019, 253-254.

Junaidi. (2013). Pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam meningkatkan prestasi anak di SMA Negeri 4 Samarinda Seberang. Dalam E-Journal Ilmu Komunikasi [Online] Vol 1, (1), 14 halaman. Diakses dari: www.ejournal.ilkom.or.id

Khoiruniisa, T. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari, Pandeglang

Lasmono, D. Pendekatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Indonesia Kepada Siswa Menggunakan Metode Problem Solving di MAN 2.

Lee, H. J., & Park, S.Y. (2021). “The Impact of Problem Solving Training on Interpersonal Skills Development in Group Counseling”. Internasional Journal for the Advancement of Counseling.

Lestari, Farikha Wahyu. (2015). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja. 2 (2) Halaman 107-109.

Mustofa, Ajib Busrol. (2021). “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving: Upaya Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Menggunakan Media Sosial Pada Siswa SMP. Halaman 35-38.

Oktaviani, Yolanda. (2018). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok.

Robert L Gibson,”Bimbingan dan Konseling Edisi Tujuh”. (Jakarta:Pustaka Pelajar, 2011), hal.27

Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Smith, J. R., & Jonson, M. D. (2018). “The Role of Problem-Solving Strategies in Group Counseling: A Meta Analysis”. Journal of Counseling and Development.

Surur Miftahus., Triyono., Handarini M.D. (2020). “Keefektifan Problem Solving Strategi (PSS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan. 1(11), 2211-2219.

Yuliana, Ana. (2019). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal, 6 (1). Halaman 1-10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.