Konseling kelompok integrasi seni visual untuk Meningkatkan respectful mind pada peserta didik

Arina Putri Yuniar, Hardi Prasetiawan

Abstract


Studi ini didasarkan oleh banyaknya fenomena yang terjadi dalam dunia Pendidikan, salah satunya yaitu tingkat respectfull mind yang rendah. Tingkat respect yang rendah ini terlihat dari banyaknya kasus perudungan yang terjadi. Dengan memiliki respectful mind yang tinggi dapat menjadi salah satu Upaya untuk menghadapi keragaman yang berbeda-beda setiap individu. Studi ini bertujuan untuk melihat keefektivan layanan knseling kelompok integrasi seni visual untuk meningkatkan respectful mind pada peserta didik. Metode yang dilakukan di studi ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan subjek yang diujikan yaitu peserta didik kelas X dengan diambil 10 sampel dari 32 siswa dalam satu kelas. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan skala kemudian diambil sampel yang masuk kategori rendah, sedang, dangan sangat rendah. Untuk analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu analisis uji t-test dengan menggunakan aplikasi spss. Studi ini diharapkan oleh penelitin mendapatkan hasil dalam studi ini adalah terjadi peningkatan respectful mind pada peserta didik  dengan memberikan layanan konseling kelompok integrasi seni visual

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 108. https://doi.org/10.26638/jfk.384.2099

Gladding, S. T. (2016). The creative arts in counseling (Fifth edition). American Counseling Association.

Septiana, N. Z. (2022). Pelatihan Respectfull Mind untuk Mengembangkan Karakter Respek Mahasiswa. Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 17(2). https://doi.org/10.30762/realita.v17i2.1863

Sitohang, R., & Saragih, D. R. (2023). School Culture in Forming the Character of Tolerance in Grade VI Students at SDN 091317 Pematang Raya. Indonesian Journal of Advanced Research, 2(6), 753–766. https://doi.org/10.55927/ijar.v2i6.4550

Sukarti, S., & Kurniawan, K. (2018). Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku.

Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. EL-Ghiroh, 16(01), 1–13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71

Utami, S. R. R. (t.t.). Pemberian Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Cyberbullying Di SMP Negeri 6 Binjai


Refbacks

  • There are currently no refbacks.