Studi literatur tentang bimbingan kelompok berbasis nilai profetik dalam mengembangkan kesejahteraan psikologis

Shibghatallah Muhammad Azmi, Hardi Santosa

Abstract


Self acceptance atau penerimaan diri termasuk salah satu aspek kesejahteraan psikologis yang penting dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan individu dalam menerima dirinya sendiri lebih awal akan mampu mendorong individu tersebut mencapai aktualisasi diri atau perkembangan diri yang maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji konsep bimbingan kelompok berbasis nilai profetik dalam mengembangkan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini menggunakan metode study literature dengan melakukan kajian terhadap 10 artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa hal penting: (1) Terdapat elemen dasar dalam nilai-nilai profetik yaitu humanisasi, liberasi, dan transendensi. (2) Belum ditemukan penelitian terkait strategi bimbingan kelompok yang bernuansa nilai-nilai profetik untuk mengembangkan kesejahteraan psikologis, khususnya pada aspek self acceptance atau penerimaan diri. (3) Penerimaan diri masyarakat di era modern berada pada tingkat yang rendah. (4) Intervensi terhadap permasalahan penerimaan diri perlu diwanai dengan nilai-nilai transendensi yang didesain secara terstruktur dan sistematis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan berbasis nilai profetik secara umum sangat potensial dalam mengembangkan kesejahteraan psikologis. Oleh karena itu, bimbingan kelompok berbasis nilai profetik direkomendasikan untuk diuji efektivitasnya dalam mengembangkan kesejahteraan psikologis, khususnya pada aspek self acceptance atau penerimaan diri.


Full Text:

PDF

References


Aristantya, E. K., & Helmi, A. F. (2019). Citra tubuh pada remaja pengguna instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 114-128.

Budiyanti, N., Aziz, A. A., Suhartini, A., Ahmad, N., & Prayoga, A. (2020). Konsep Manusia Ideal: Tinjauan Teologis Dan Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Fadhilah, N. (2017). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal penelitian, 111-130.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167-178.

Febriani, R. A., & Rahmasari, D. (2022). Hubungan Antara Body Image Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Perempuan Pengguna Tiktok. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(4), 55-68.

Fitri, L., Kartadinata, S., & Rusmana, N. (2015). Efektivitas Teknik Permainan untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Edusentris, 2(2), 156-165.

Fitriani, F., Heryana, E., Raihan, R., Lutfiah, W., & Darmalaksana, W. (2021). Proses Penciptaan Manusia Perspektif Al-Qur’an dan Kontekstualitasnya dengan Ilmu Pengetahuan Sains: Kajian Kesehatan Reproduksi. Jurnal Riset Agama, 1(3), 30-44.

Hamka, M. B., Syam, A. R., & Ikhwan, A. (2022). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Profetik Dalam Pemikiran Buya Hamka. Katalog Buku STAI Muhammadiyah Tulungagung, 1-91.

Hariberthus, W. (2019). Penerapan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 1-8.

Hasanah, M. (2015). Dinamika kepribadian menurut psikologi Islami. Ummul Qura, 6(2), 110-124.

Helmy, M. I. (2018). Kepribadian dalam Perspektif Sigmund Freud dan Al-Qur’an: Studi Komparatif. Nun: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara, 4(2), 105-120.

Idris, M., & Enghariano, D. A. (2020). Karakteristik Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Fawatih: Jurnal Kajian Al-Qur'an dan Hadits, 1.

Ikmal, M. Integrasi Pendidikan Profetik (Mengurai Tradisi dan Implemintasi dalam Sistem Pendidikan Indonesia). Dalam Jurnal Pelopor Pendidikan, 4.

Indrawati, T. (2019). Pengaruh resiliensi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis pada guru di paud rawan bencana rob. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71-82.

Istiningtyas, L. (2022, December). Gambaran Kesejahteraan Psikologis Pada Generasi-Z Setelah Pandemi Covid-19. In Proceeding Conference on Genuine Psychology (Vol. 2, pp. 231-238).

Kuntowijoyo. (2004). Islam sebagai ilmu: epistemologi, metodologi, dan etika. Teraju.

Makruf, S. A. (2017). Urgensi Kepemimpinan Profetik dalam mewujudkan masyarakat madani. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 242-254.

Manita, E., Mawarpury, M., Khairani, M., & Sari, K. (2019). Hubungan stres dan kesejahteraan (well-being) dengan moderasi kebersyukuran. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 178-186.

Maulana, R. (2016). Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(1), 58-65.

Mujahid, A. (2020). Prophetic Psychology: Relevansi Penafsiran Agama dalam Menyikapi Era Society 5.0. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 379-382.

Mujib, A. (2017). Teori kepribadian perspektif psikologi Islam.

Mustaidah, M., Nugroho, A., Taufiq, B., & Prastyo, H. Kemampuan Luar Biasa Manusia dalam Pandangan Psikologi Islam. Dirasat, 16(01), 75-92.

Nawangsih, E., & Achmad, G. H. (2022). Hakikat Manusia dalam Konteks Pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3034-3044.

NURHAFIFA, N. (2022). Pengaruh Konseling Profetik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Ma As’adiyah 16 Pengkendekan (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo).

Prayitno, P. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan Dan Kegiatan Pendukung.

Rahayu, I. I., & Setiawati, F. A. (2019, June). The Dinamic Of Psychological Well-Being And Gratitude In Adolescence. In 3rd International Conference On Current Issues In Education (Iccie 2018) (Pp. 253-257). Atlantis Press.

Rizkila, A., Ernawati, S., & Rachmawati, A. (2023). Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Fisioterapis. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (Jiki), 16(1), 50-55.

Ryff, C. D. (1989). Happiness Is Everything, Or Is It? Explorations On The Meaning Of Psychological Well-Being. Journal Of Personality And Social Psychology, 57(6), 1069.

Sandimula, N. S. (2019). Konsep Epistemologi Akal Dalam Perspektif Islam. Potret Pemikiran, 23(1), 19-25.

Santosa, H. (2022). Bimbingan Dan Konseling Berparadigma Profetik. Uad Press.

Santosa, H., Kartadinata, S., & Nurihsan, J. (2021). Islamic Prophetic Guidance Model To Develop Noble Character In Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 305-320.

Saraswati, K. D., & Lie, D. (2020, December). Psychological well-being: the impact of work-life balance and work pressure. In The 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020) (pp. 580-587). Atlantis Press.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.

Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan psikologis dalam masa pandemi COVID-19. Journal of Psychology" Humanlight", 1(1), 1-7.

Tarhan, N. (2012). Mesnevi Terapi. Timas: Istanbul.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.