Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alkarim, M. M. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Mereduksi Kecemasan Berkomunikasi Peserta Didik SDN Tulasan.
Andieni, V. D., Nuryono, W., Pd, S., & Pd, M. (t.t.). Penerapan konseling naratif untuk mereduksi kecemasan komunikasi (communication apprehension) pada siswa kelas viii di smpn 40 surabaya implementation of narrative counseling to reduce communication apprehension in viii class student at smpn 40 surabaya.
Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.201931.46
Aswida, W., Marjohan, ., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2). https://doi.org/10.24036/0201212697-0-00
Dewi, R. S., Sucipto, S. D., & Puriani, R. A. (2018). Model Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 220. https://doi.org/10.26638/jfk.663.2099
Erwan, E. (2020). Penerapan teknik stress inoculation training untuk mengatasi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada siswa di smp negeri 20 makassar. EDUCANDUM, 6(2), 201–210. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i2.404
Fadhilah, I. (2022). Faktor Kecemasan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 96–105. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.248
Febriani, A. R., & Barida, M. (2021). Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum.
Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik psikodrama dalam bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku merokok siswa sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4631
Fitri, D. (2017). Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiwa. 10(1).Hasanah, U., Prasetiawan, H., & Dahlan, U. A. (2021). Upaya meningkatkan kerjasama tim layanan bimbingan kelompok teknik permainan berbasis kearifan lokal.
Kj, A. M., Azizi, O. A., & Saragi, M. P. D. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3079–3083. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1496
Purwati, S., & Tajri, I. (2012). Model bimbingan kelompok dengan teknik fun game untuk mengurangi kecemasan berbicara didepan kelas.
Rusidi, D., Anas, M., & Sinring, A. (t.t.). Penerapan Teknik Expressive Writing untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi pada Siswa Man 2 Parepare.
Sabbangan, N. S. (2020). Konseling kelompok strategi desentisisasi sistematik efektif menurunkan kecemasan komunikasi siswa SMPN Surabaya. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).
Sani, H. N., Farida, E., & Yudha, E. S. (2021). Deskripsi Perilaku Kecemasan Komunikasi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.30653/001.202151.66
Sanyata, S. (2010). Teknik dan srategi konseling kelompok. 09.
Wandira, A. (t.t.). Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas Dan Memenuhi Syarat-syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd) Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Yarah, Y., Jarkawi, J., & Farial, F. (2018). Layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan komunikasi pada siswa kelas VII MTS Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 21. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1323
Refbacks
- There are currently no refbacks.