Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa

Faturrahman Faturrahman, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Kecemasan komunikasi merupakan masalah yang umum terjadi pada siswa. Kecemasan tersebut bisa muncul akibat ketakutan akan penolakan, kekhawatiran akan penilaian atau evaluasi dalam presentasi, serta kecemasan tentang kemampuan diri sendiri. Penelitian dengan jenis kajian literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode bimbingan kelompok psikodrama dalam mereduksi kecemasan komunikasi pada siswa. Studi pustaka dengan tinjauan dan analisis terhadap buku referensi, jurnal ilmiah, dan artikel terkait dengan topik ini dilakukan untuk menemukan jawaban atas permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Psikodrama dapat menjadi metode yang efektif dalam membantu mengurangi kecemasan dalam berkomunikasi pada siswa. Dalam Psikodrama, siswa diminta untuk berpartisipasi dalam adegan Psikodrama yang ditujukan untuk membahas situasi atau masalah tertentu yang relevan dengan tugas mereka. Selain itu, para siswa juga dilibatkan dalam komentar, diskusi, serta tindakan reflektif dalam memahami sikap dan perilaku mereka. rekomendasi untuk penelitian ini adalah pentingnya penggunaan Bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama sebagai cara yang efektif untuk mereduksi kecemasan komunikasi siswa. untuk menerapkan pencegahan dan intervensi mengatasi kecemasan komunikasi siswa. Dalam Hal ini, penting untuk melatih konselor dan guru mapel agar dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memfasilitasi sesi psikodrama yang efektif, termasuk penggunaan berbagai peran, adegan yang dipandu, dan improvisasi. Selain itu, kerja tim diperlukan antara guru Bimbingan dan konseling, pendidik, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memperkuat upaya mengurangi kecemasan komunikasi siswa. Kesadaran akan individualitas dan kebutuhan khusus siswa dalam konteks budaya yang berbeda dapat membantu menciptakan pendekatan yang lebih inklusif dan responsif. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama merupakan pendekatan yang menjanjikan untuk mengurangi kecemasan komunikasi pada siswa. Dengan penerapan program yang tepat, diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kesejahteraan psikologis di lingkungan sekolah.”.

Full Text:

PDF

References


Alkarim, M. M. (2021). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Mereduksi Kecemasan Berkomunikasi Peserta Didik SDN Tulasan.

Andieni, V. D., Nuryono, W., Pd, S., & Pd, M. (t.t.). Penerapan konseling naratif untuk mereduksi kecemasan komunikasi (communication apprehension) pada siswa kelas viii di smpn 40 surabaya implementation of narrative counseling to reduce communication apprehension in viii class student at smpn 40 surabaya.

Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.201931.46

Aswida, W., Marjohan, ., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2). https://doi.org/10.24036/0201212697-0-00

Dewi, R. S., Sucipto, S. D., & Puriani, R. A. (2018). Model Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 220. https://doi.org/10.26638/jfk.663.2099

Erwan, E. (2020). Penerapan teknik stress inoculation training untuk mengatasi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada siswa di smp negeri 20 makassar. EDUCANDUM, 6(2), 201–210. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i2.404

Fadhilah, I. (2022). Faktor Kecemasan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 96–105. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.248

Febriani, A. R., & Barida, M. (2021). Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum.

Febrianti, C., & Irmayanti, R. (2019). Teknik psikodrama dalam bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku merokok siswa sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(3), 105. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4631

Fitri, D. (2017). Efektivitas cognitive behavior therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiwa. 10(1).Hasanah, U., Prasetiawan, H., & Dahlan, U. A. (2021). Upaya meningkatkan kerjasama tim layanan bimbingan kelompok teknik permainan berbasis kearifan lokal.

Kj, A. M., Azizi, O. A., & Saragi, M. P. D. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3079–3083. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1496

Purwati, S., & Tajri, I. (2012). Model bimbingan kelompok dengan teknik fun game untuk mengurangi kecemasan berbicara didepan kelas.

Rusidi, D., Anas, M., & Sinring, A. (t.t.). Penerapan Teknik Expressive Writing untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi pada Siswa Man 2 Parepare.

Sabbangan, N. S. (2020). Konseling kelompok strategi desentisisasi sistematik efektif menurunkan kecemasan komunikasi siswa SMPN Surabaya. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).

Sani, H. N., Farida, E., & Yudha, E. S. (2021). Deskripsi Perilaku Kecemasan Komunikasi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.30653/001.202151.66

Sanyata, S. (2010). Teknik dan srategi konseling kelompok. 09.

Wandira, A. (t.t.). Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas Dan Memenuhi Syarat-syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd) Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Yarah, Y., Jarkawi, J., & Farial, F. (2018). Layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan komunikasi pada siswa kelas VII MTS Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 21. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1323


Refbacks

  • There are currently no refbacks.