Literatur review: Komparasi academic hardiness mahasiswa dari suku jawa dan sunda di prodi BK UAD angkatan 2020

Cesaria Putri Melati, Aprilia Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengethui apakah terdapat perbandingan antara academic hardiness mahasiswa suku jawa dengan mahasiswa suku sunda. Penelitian Kematangan academic hardiness mahasiswa tercermin dari kualitas emosionalnya yang terdiri dari komitmen, yaitu pengorbanan untuk keberhasilan akademik, tantangan, yang merupakan usaha untuk berpindah dari orientasi prestasi ke orientasi pembelajaran. Seseorang tidak dapat menentukan sikap yang tepat untuk mengatasi masalah, seperti tidak mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, karena terlalu keras. Academic hardiness adalah konsep ketangguhan atau daya tahan saat menghadapi tantangan akademik. Ini terdiri dari tiga elemen: kontrol, tantangan, dan komitmen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan skala. Sebanyak 190 mahasiswa aktif akan terlibat dalam penelitian ini. Artikel jurnal yang diperoleh dari database Google Scholar adalah sumber data studi literatur untuk penelitian ini. Pencarian jurnal yang digunakan mencakup tahun 2013–2023. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa pada dasarnya, orang-orang di Pulau Jawa berasal dari suku Jawa, tetapi seiring waktu, banyak orang dari suku lain datang ke pulau Jawa. Selain dari karakteristik, academic hardiness mahasiswa dari kedua suku tersebut juga dapat dilihat dari cara berinteraksinya, di UAD ini tentu mahasiswa suku sunda adalah mahasiswa perantauan yang dimana mereka masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan Jawa. Pada mahasiswa suku jawa bisa dikatakan ketahanan belajarnya masih lebih tinggi dibandingkan mahasiswa suku Sunda, hal ini bisa terjadi karena mahasiswa suku Jawa sudah terbiasa dengan lingkungan sekitarnya, sehingga bisa mengikuti atau menjalani proses pembelajaranya dengan lebih baik. Pada aspek kontrol juga sangat penting untuk diterapkan pada mahasiswa suku sunda dan jawa, jika mahasiswa dari kedua suku tersebut berinteraksi, mereka harus bisa mengontrol cara bicaranya, sikap, dan saling menghargai perbedaan budayanya. Kedua suku tersebut juga harus memiliki komitmen masing-masing, bahwa mereka berada di Jogja ini bertujuan untuk menempuh pendidikan,  maka mereka harus memiliki komitmen untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat atau teman agar proses pendidikan di universitas tersebut bisa berjalan lancar, dan bisa meningkatkan academic hardiness pada mahasiswa tersebut.

Full Text:

PDF

References


alfiana Wulandari, S. N., & Mufid, M. (2020). Komunikasi Antarbudaya Etnis Jawa Dan Sunda: Studi Pada Mahasiswa/I Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya. An-Nas, 4(2), 1–11. Https://Doi.Org/10.36840/Annas.V4i2.289

Aulia, D., Hasnayanti, A., & Sulistiyaningsih, R. (2020). Gambaran Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Suku Jawa Dan Sunda Di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Ayuningtias, A. D. L., & Rifani, E. (2022). Academic Hardiness Tinjauan Dari Jenis Kelamin Dan Usia Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. 4(2).

Fathurroja, A., Mumtazah, H., Rosiana, R., Pudoli, S. B. M., & Fridayanti, F. (2018). Gambaran Identitas Etnis Remaja Suku Jawa Dan Sunda. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 107–112. Https://Doi.Org/10.15575/Jpib.V1i2.3412

Febrianti, Y. P., Nuqul, F. L., & Khotimah, H. (2020). Academic Hardiness Pada Mahasiswa Aktivis Dan Mahasiswa Yang Bekerja. 13(1).

Islamy, M. R. F., Parhan, M., Jenuri, J., & Mayadiana Suwarma, D. (2021). Studi Analisis Dampak Akulturasi Budaya Terhadap Sikap Ukhuwwah Islamiyyah Mahasiswa Dalam Dimensi Globalisasi. Transformatif, 5(1), 95–112. Https://Doi.Org/10.23971/Tf.V5i1.2736

Margareta, R. S., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perfeksionisme Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating.

Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat Ii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal Empati, 6(4), 319–322. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2017.20100

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). Https://Doi.Org/10.17509/Jpki.V5i2.17429

Trifiriani, M., & Agung, I. M. (2018). Academic Hardiness Dan Prokrastinasi Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2), 143. Https://Doi.Org/10.24014/Jp.V13i2.3626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.