Literatur review: Komparasi academic hardiness mahasiswa dari suku jawa dan sunda di prodi BK UAD angkatan 2020

Difa Ayu Sabila, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat media wayang kartun yang dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak seks bebas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang dipadukan dengan penelitian kepustakaan. Data yang dikumpulkan adalah bahan tekstual majalah yang berkaitan dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu. kartun wayang dan persepsi siswa tentang dampak seks bebas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara merekam, menggabungkan, menyembunyikan dan mereduksi isi teks data yang digunakan. Analisis hasil menunjukkan bahwa melalui wayang kartun dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak pergaulan bebas, karena pemahaman siswa tentang bahaya pergaulan bebas masih lemah. Hasil penelitian ini dapat memberikan saran untuk penelitian selanjutnya mengenai keefektifan penggunaan kartun wayang untuk memahami dampak seks bebas pada siswa SMP.

Full Text:

PDF

References


Andrean, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD/MI Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Andriati, N., & Maulana, R. (2020). Pengembangan Model Layanan Informasi Tentang Bahaya Seks Bebas Pada Siswa Sma Walisongo Pontianak. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 62-67.

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (pp. 55-61).

Hanifah, S. D., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Seksualitas dan Seks Bebas Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 57-65.

Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3196-3202.

Nugraha, A. (2017). Strategi layanan bimbingan dan konseling dalam mereduksi sikap negatif tentang seks bebas. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 40-52.

Nugroho, C. (2017). Pengetahuan Remaja Kelas XI Tentang Seks Bebas. Jurnal AKP, 6(1).

Nurhidayati, D. (2013). Pengembangan media video untuk meningkatkan pemahaman bahaya seks bebas di kalangan remaja SMA Negeri 1 Soko Tuban (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Rahayu, E. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Sd Ngebel Tamantirto Kasihan Bantul. Universitas PGRI Yogyakarta.

Rahmayanti, R., Wicaksono, L., & Yuline, Y. Analisis pemahaman informasi dampak seks bebas pada peserta didik SMP Negeri 1 Siantan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(12).

Setyawati, S. P. (2021). Peluang Pengembangan dan Pemanfaatan Media Wayang dalam Bimbingan Dan Konseling. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 7-20.

Siwi, C. T. M., Utami, J. N. W., & Astuti, T. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan remaja melalui media video terhadap pengetahuan siswa tentang dampak seks bebas. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 5(2), 64-68.

Yuliastini, N. K. S., Dharma, I. D. A. E. P., Giri, P. A. S. P., & Dartiningsih, M. W. (2020). Penerapan Media Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK dalam Memberikan Layanan Pendidikan Seks terhadap Peserta Didik. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 117-124

Tafonao, T. (2019). Dampak Seks Bebas Terhadap Perilaku Generasi Millenial. Teologi Seks Di Era Milenial, 47

Wiantisa, F. N., & Widyastuti, D. A. (2021, August). Konseling Individual Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Remaja 24 karat / Emma Lucya Fitrianty, Ninik Rahayu Ningsih, Nur Maulidiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.