Literatur review: Urgensi perilaku asertif dalam berkomunikasi siswa

Dineda Primas Septdiningtyas, Muya Barida

Abstract


Komunikasi yang terjalin dalam kehidupan sehari hari nampaknya masih belum sepenuhnya terjadi secara efektif, Masih banyak sekali individu yang sulit dalam berkomunikasi. Permasalahan komunikasi ini sering terjadi pada usia remaja seperti Pada usia remaja yang memiliki perilaku asertif dalam berkomunikasi yang rendah dapat menjadi permasalahan di masa sekarang maupun dimasa depan. Komunikasi merupakan suatu upaya pembuka jalan menuju masa depan. Sehingga, jika masih sulit dalam menyampaikan pendapat, dan menunjukan perasaan masih belum berjalan secara efektif dapat menyebabkan hubungan interaksi yang kurang baik, pesan tidak tersampaikan sesuai tujuan, dan terjadinya konflik. Anak remaja masih banyak yang memiliki permasalahan terkait perilaku asertif, hal ini dikarenakan kurangnya percaya diri, memiliki ketakutan,sulit beradaptasi dengan lingkugan sekitarnya, dan lain-lainnya. Remaja yang memiliki perilaku asertif yang rendah rentan mengalami stress, kesedihan, loneliness karena ia merasa orang lain tidak memahami perasaan, tidak memahami keinginan yang remaja rasakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui  pentingnya perilaku asertif dalam berkomunikasi. perilaku asertif pada anak remaja akan membuat mereka mempunyai keterampilan membangun hubungan sosial, remaja juga dapat beradaptasi pada setiap perubahan serta kondisi lingkungan yang tidak pernah sama

Full Text:

PDF

References


Afif, R. Y., & Listiara, A. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Asertivitas Pada Remaja Di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 438–446. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2018.21661

Ayu, W. T. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi Dan Asertivitas Pada Mahasiswa. Philanthropy: Journal Of Psychology, 4(1), 25. Https://Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V4i1.1754

Dewi, K. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terha- Dap Perilaku Asertif Siswa.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Dianovi, A., Siregar, D., & Mawaddah, I. (t.t.). Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan.

Hanifah, A., Ipah Saripah, & Nadia Aulia Nadhira. (2023). Peran Perilaku Asertif terhadap Keterampilan Berkomunikasi Remaja. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.19105/ec.v4i1.8039

Hasanah, N., Simarmata, S. W., Magfiroh, S. H., & Juliantina, J. (2022). Pengaruh Hubungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMKS Putra Jaya Stabat. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 11(2), 53–57. https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i2.682

Hidayatullah, R. M., & Alifah, N. (2022). Perilaku asertif dengan harga diri mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(1), 14–32. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v2i1.14-32

Hidayatullah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Pada Siswa Asuh Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 99–105. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15061

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1370–1377. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858

Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 6. https://doi.org/10.26737/jbki.v3i1.509

Pradoto, A., Damiri, D. S., & Harjanto, A. (t.t.). Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.

Program Studi Bimbingan dan Konseling, University of Jambi, Jambi, Indonesia, Afri, J., Sarman, F., Program Studi Bimbingan dan Konseling, University of Jambi, Jambi, Indonesia, Andiyaksa, R., & Program Studi Bimbingan dan Konseling, University of Jambi, Jambi, Indonesia. (2019). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa dengan Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2233

Rahmawati, F., Hendriana, H., & Rosita, T. (2021). Bimbingan Kelompok Berbasis Online Pada Siswa MA Al-Mukhtariyah Mande Yang Memiliki Perilaku Asertif Rendah. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 407. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.8412

Ratnasari, S., & Arifin, A. A. (2021). Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. TanjAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Sari, F. K., & Yuliati, K. (t.t.). Perilaku Asertif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang.

Sofah, R., Harlina, H., & Putri, R. M. (2018). Pengembangan Perilaku Asertif untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 100. https://doi.org/10.26638/jfk.509.2099

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.17429

Winnayanti, W., & Djanah, M. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Asertif Siswa SMA. 4(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.