Efektivitas problem based learning dalam layanan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan kontrol diri

Nawang Pangestu

Abstract


Salah satu keterampilan diri dalam melihat kondisi dan situasi, mengarahkan, mengendalikan, dan memodifikasi pikiran maupun perilaku sebelum mengambil keputusan atau tindakan disebut dengan istilah kontrol diri. Manfaat yang didapatkan dari memiliki kemampuan kontrol diri dengan baik yaitu tidak mengganggu kenyamanan orang lain, tidak melakukan hal-hal atau perbuatan yang menyimpang, mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang efektif, menjadi individu yang memiliki sifat sabar dan mudah menerima keadaan dengan rasa syukur, bisa melawan nafsu yang ada di dalam diri, terhindar dari perbuatan dan perasaan negatif atau kotor, tidak merugikan diri sendiri, dan menambah keimanan kepada Yang Maha Kuasa. Keterampilan kontrol diri ini baik untuk dimiliki oleh setiap individu dalam berinteraksi maupun bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Individu yang memiliki kemampuan kontrol diri yang baik diharapkan akan mampu menjalin hubungan dan membawa pengaruh positif dengan lingkungan sekitarnya. Namun, pada kenyataannya peneliti masih menemukan adanya kecenderungan kontrol diri rendah dikalangan remaja. Hal tersebut didasarkan pada temuan observasi di SMK Negeri 5 Yogyakarta dan berbagai fakta berita kenakalan remaja di lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode literature review dari berbagai sumber digital maupun non digital seperti buku, jurnal, internet, dan pustaka lain yang dirasa relevan untuk memberikan gambaran kepada guru Bimbingan dan Konseling agar mampu meningkatkan keterampilan kontrol diri pada remaja melalui berbagai cara yang dirasa efektif, yaitu menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi Problem Based Learning (PBL) dalam layanan bimbingan kelompok.

Full Text:

PDF

References


Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. https://core.ac.uk/reader/229330550

Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2016). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Khoiruniisa, T. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari, Pandeglang. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.26877/empati.v7i2.6284

Manggol, A. H. (2023). Kronologi Lengkap Kasus Penganiyaan David Ozora Versi Pacar Mario Dandy, AGH Korban Atau Pelaku? Tribun-bali.com. https://bali.tribunnews.com/2023/03/03/kronologi-lengkap-kasus-penganiyaan-david-ozora-versi-pacar-mario-dandy-agh-korban-atau-pelaku

Mardhiyantinengsih. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4309

Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 199–204.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), Article 2.

Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2(2), Article 2. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1399

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Retnowati, R. H., & Sutriswati, S. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Model Pbl Untuk Mengurangi Kebiasaan Siswa Merokok Di SMK Negeri 12 Surabaya. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 3(2), 45–49. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n2.p45-49

Rosa, A. (2023). Terlibat Perang Sarung di JLS Salatiga, 8 Remaja Ditangkap Polisi. SINDOnews.com. https://daerah.sindonews.com/read/1054995/707/terlibat-perang-sarung-di-jls-salatiga-8-remaja-ditangkap-polisi-1679644981

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 88. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i2.2693

Suherman, M. M. (2016). Efektivitas Strategi Permainan Dalam Mengembangkan Self-Control Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 194–201. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4246

Waluwandja, P. A., & Dami, Z. A. (2018). Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), Article 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.