Upaya meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir dengan bimbingan kelompok teknik self manajemen

Ego Andoris, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Karir merupakan sesuatu hal yang penting bagi siswa, karena dengan karir siswa mampu mencapai puncak kesuksesannya sendiri. Maka dari itu kemampuan pengambilan keputusan karir tidak kalah pentingnya bagi siswa, karena pemilihan karir yang salah akan sangat berdampak bagi kehidupan lanjut siswa. Bimbingan dan konseling memiliki peranan penting dalam perkembangan karir siswa sehingga sudah seharusnya layanan bimbingan dan konseling dapat memfasilitasi siswa dalam meingkatkan kemampuan pengampiln keputusan karir salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok layanan yang diberikan dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk membantu permasalahan yang dihadapi anggota kelompok. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektipan bimbingan kelompok Teknik self manajemen dalam upaya meningkatkan kemampuan keputusan karir siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis literature review. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok Teknik self manajemen efektif dalam membantu meningkatkan pemahaman karir, informasi karir serta kemampuan keputusan karir siswa.


Full Text:

PDF

References


Maulida, L. (2020). Penerapan Strategi Self-Management dalam Bimbingan Kelompok untuk Pemantapan Pemilihan Karier Pada Siswa SMA. Jurnal Advice, 2(1), 48-58.

Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Kematangan Karier pada Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(3), 219-226.

Putri, N. A., Susanto, B., & Nugroho, P. W. (2020). Penerapan Strategi Self-Management dalam Bimbingan Kelompok untuk Pemantapan Pemilihan Karier pada Siswa SMA. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 59.

Suwanto, I. (2018). Identifikasi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 2 Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 27-30.

Widyastuti, Retno Juli, and Titin Indah Pratiwi. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK Unesa 3.1, 231-238.

Wulandari, A. S., Rasimin, R., & Wahyuni, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4201-4208.

Wulandari, A. S., Rasimin, R., & Wahyuni, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Studi Lanjut melalui Penerapan Teknik Self Management di Kelas XI IPS 3 SMA N 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4201-4208.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.