Peran teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa perantau prodi bimbingan konseling Universitas Teknologi Yogyakarta

Faidatul Khasanah, Mustaqim Pabbajah

Abstract


Hubungan pertemanan sebaya pada mahasiswa perantau memiliki berbagai peran, salah satunya adalah sebagai sumber dukungan sosial untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam diri mahasiswa perantau tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data utama berupa wawancara dengan 5 mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Teknologi Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertemanan sebaya tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mahasiswa perantau. Hal tersebut ditunjukkan dengan data awal yang diperoleh dari mahasiswa perantau yang mempunyai Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertemanan sebaya tidak terlalu berpengaruh terhadap motivasi belajar pada mahasiswa perantau. Hal tersebut ditunjukkan dengan pengambilan data pra-penelitian yang menyatakan bahwa mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Universitas Teknologi Yogyakarta memiliki pertemanan yang mendukung dalam pembelajaran. Kemudian hasil pengambilan data melalui wawancara, menghasilkan mahasiswa yang mendapatkan dukungan dari teman sebayanya masih menunda-nunda dalam mengerjakan tugasnya. Dengan demikian, peran teman sebaya bagi mahasiswa perantau Prodi Bimbingan Konseling tidak begitu berpengaruh. Hal ini dikarenakan motivasi belajar yang tumbuh dalam diri individu tidak hanya dipengaruhi faktor ekstrinsik saja, namun hal yang paling berpengaruh pada mahasiswa perantauan adalah motivasi intrinsik atau motivasi dalam diri individu tersebut. Keterbatasan penelitian ini terkait pada aspek data-data yang dijadikan sumber relatif kecil dan juga waktu penelitian yang relatif singkat sehingga masih memungkinkan dilakukan penelitian lanjutan. Mahasiswa diharapkan lebih mampu mengontrol keputusan kecil dalam kegiatan sehari hari misalnya tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas agar pekerjaan tersebut tidak menumpuk. Sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian-penelitian terkait peran teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa perantau.

Full Text:

PDF

References


Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(2), 160. https://doi.org/10.33021/firm.v4i2.780

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Hanapi, I., & Agung, I. M. (2018). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 9(1), 37–45.

Idris, Muhammad Syhabudin. (2018). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi Mengerjakan Skripsi Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/sites/default/files/pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607

Manggarani, K., & Supraptiningsih, E. (2015). Hubungan antara Peran Kelompok Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung Angkatan 2011. Prosiding Psikologi, 163–172.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad fakhrur rozsy. (2018). Hubungan antara Dukungan Emosional Teman Sebaya dengan Burnout pada Mahasiswa.

Suciani, D., Rozali, Y. A., Psikologi, F., Esa, U., & Allen, M. (2013). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Pada. Jurnal Psikologi.

Utomo, S. B. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis dan Dukungan Emosi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Wonosari Gunung Kidul. In. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 485–493.

Wistiawati, A. T., Putro, S. C., & Irianto, W. S. G. (2020). Hubungan Sosial Kognitif dan Life Skills Education terhadap Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14291


Refbacks

  • There are currently no refbacks.