Literature review: Strategi layanan bimbingan kelompok terhadap pengambilan keputusan karir melalui problem solving

Fitria Lailatul Jannah, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Pada umumnya siswa SMA berada direntang usia 15-18 Tahun. Dimana usia tersebut merupakan tahap perkembangan remaja akhir, yang mana dalam tugas perkembangan manusia ini merupakan usia siswa dihadapkan permasalahan mengenai pengambilan keputusan pilihan karir untuk masa depan. Pentingnya membuat tugas perkembangan pada masa remaja akhir dan dewasa awal, sehingga remaja dapat membuat keputusan karir ketika mereka memahami kemampuan bakat khusus, prestasi akademik, dan keterampilan kerja. Minat kejuruan dan karakteristik kepribadian yang dimiliki. Kemampuan pengambilan keputusan karir sangat penting bagi siswa agar dapat bertanggung jawab atas pilihan karir yang telah dipilihnya, karena itulah yang nantinya akan menentukan masa depan siswa sesuai karir yang dicita-citakan. Salah satu layanan yang bisa diberikan untuk mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa yaitu layanan bimbingan kelompok.

Dalam memberikan layanan yang efektif diperlukan teknik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir yaitu dengan menggunakan teknik problem solving. Teknik problem solving pada bimbingan kelompok akan membantu remaja menilai perubahan-perubahan yang ada pada dirinya, dan membuat keputusan-keputusan, atau penyesuaian yang selaras dengan tujuan-tujuan dan nilai kehidupannya secara kreatif. Metode problem solving melalui bimbingan kelompok juga dapat melatih dan membantu siswa dalam mengelola informasi umum menjadi keputusan yang tepat dan baik, siswa juga dapat melatih kemampuan untuk mengatasi masalah atau penghambat dalam pengambilan keputusan karier melalui diskusi dan saling bertukar pikiran bersama siswa lainnya melalui bimbingan kelompok.


Full Text:

PDF

References


Adella, N. B. (2021). Upaya Meningkatkan Keputusan Karier Melalui Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Problem Solving pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4(2).

Azizah Batubara, S. (2020). Problem Solving Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Self Efficacy dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 141-151.

Darminta, E. (2022). Penggunaan Strategi Konseling Pengambilan Keputusan Model Rangkaian Gelatt untuk Pengambilan Keputusan Karir Secara Matang. ejournal Unesa, 12(3).

Daulay, H. R. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kemandirian dan Pengambilan Keputusan pada Pemilihan Karir Siswa Kelas VIII di SMPN 5 Percut Sei Tuan. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hanggara, G. S. (2016). Keefektifan “Proses Guru” sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 148-157.

Harahap, D. (2019). Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 172-186.

Jejaka, J., Umari, T. U., & Rosmawati, R. Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Perencanaan Karir Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 12 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014/2015. Doctoral Dissertation. Universitas Riau.

Krisnawan, G. Y., & Suyati, T. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memilih Karir pada Kelas XI SMA Negeri 3 Pemalang.

Norisa, E. (2015). Keefektivan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA Negeri 1 Kandangan. Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Malang.

Nuraini, F. (2022). Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1(1), 1-13.

Nurrillah, S. L. (2017). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01).

Pradewi, Y. M., & Fitriana, S. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Pemantapan Keputusan Karir Siswa Kelas XI MA Miftakul Huda Brakas.

Pujiastuti, F. (2018). Penerapan Layanan Informasi Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 160-170.

Safitri, E., Kiswantoro, A., & Zamroni, E. (2020). Meningkatkan Kematangan Pemilihan Karir melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Suwanto, I. (2018). Identifikasi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 2 Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 27-30.

Umam, R. N. U. (2021). Pengembangan Efikasi Diri Siswa SMK dalam Menentukan Keputusan Karir melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 115-132.

Wahyuningsih, D. D., & Alhusin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.