Analisis konseptual tanggung jawab orang tua pada kondisi hamil diluar nikah

Galuh Kartikasari Aribowo, Agus Supriyanto

Abstract


Orang tua memainkan peran penting sebagai pendidik utama dalam rumah tangga. Sejak anak-anak mereka lahir dan selama tahun-tahun pembentukannya, orang tua memberikan rangsangan pendidikan dan menciptakan lingkungan pengasuhan. Pentingnya keterlibatan orang tua dalam mengajar anak-anak mereka tidak dapat dilebih-lebihkan, karena hal itu menjadi landasan bagi suasana pendidikan yang positif. Dengan kedewasaan dan kemandirian, orang tua memikul tanggung jawab terbesar dan menetapkan standar untuk penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Keinginan utama mereka adalah agar anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang berkarakter mulia, mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengungkapkan bahwa peran instruksional orang tua meliputi nilai-nilai moral, spiritual, dan sosial, yang sangat mempengaruhi perkembangan dan prospek masa depan anak-anak mereka. Saat ini, ada penekanan untuk membimbing dan mendukung orang tua dalam upaya mereka untuk membesarkan individu yang berpengetahuan luas dengan kepribadian yang baik.

Full Text:

PDF

References


Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Komalawati, V., & Alfarijah, D. A. (2020). Tanggung Jawab Orang Tua atas Kesehatan Anak Penderita Gangguan Jiwa sebagai Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 8(2), 145-167.

Liu, L., & Miller, S. L. (2023). Reclaiming Parenthood After Incarceration: The Nexus of Determination to Desist, Fulfillment of Parental Responsibilities, and Recidivism. Criminal Justice and Behavior, 50(6), 870-890.

Puspita, H. D. (2021). The Role of Parents in Educating Children during Online Classes. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(2), 69-75.

Rani, Y., & Muhibbin, A. (2018). Keterbukaan Diri Anak yang Hamil Diluar Nikah kepada Orangtua. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sipasi, S., Mogea, T., & Wuntu, C. N. (2022). The Role of Parents in Palacio’s Woner. JoTELL: Journal of Teaching English, Linguistics, and Literature, 1(9), 1057-1073.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.