Optimalisasi konseling adlerian bebasis nilai-nilai tringa (ngerti, ngeroso, ngelakoni) Ki Hadjar Dewantara sebagai model konseling pada permasalahan inferiority complex remaja korban cyberbullying

Hengki Tri Hidayatullah, Arbin Janu Setiyowati

Abstract


Cyberbullying merupakan makian, gunjingan, dan merendahkan seseorang melalui media sosial.salah satu masalah baru yang diakibatkan oleh tindakan tersebut adalah rasa rendah diri atau inferiority complex bagi para korban. Dalam menangani hal tersebut perlu adanya model pendekatan yang tepat dan disesuaikan dengan karakter siswa. Penelitian ini penulis mengkaji tentang pendekatan konseling Adlerian yang dinilai tepat untuk permasalahan inferiority complex pada remaja yang di padu dengan nilai-nilai TRINGA. Layanan bimbingan dan konseling tentu menjadi salah satu langkah solutif mengingat remaja adalah siswa yang duduk di bangku pendidikan formal. Pendekatan konseling Adlerian berbasis nilai-nilai TRINGA (ngerti, ngeroso, ngelakoni) dipandang potensial karena memuat tiga aspek psikis sekaligus yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Full Text:

PDF

References


Abid, R. Z., Manan, S. A., & Amir, Z. A. (2013). “Those Nation Wreckers are Suffering from Inferiority Complex”: The Depiction of Chinese Miners in the Ghanaian Press. International Journal of Society, Culture & Language, 1(2), 34-50.

Agustina, I. (2014). Penerapan Strategi Reframing untuk Mengurangi Perasaan Rendah Diri Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Jurnal BK UNESA, 4(3).

APJII. (2018). SURVEI APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa. URL: https://www.apjii.or.id/survei2017/kirimlink. Diakses tanggal 21 Agustus 2020

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. JurnalPaedagogy. 9(4): pp. 281-288

Corey, Gerald. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th Edition). California: Brooks/Cole

Darminto, E. (2007). Teori-Teori Konseling. Surabaya: UNESA University Press

Diana, R. C., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Konsep Pembelajaran TRINGO pada Mata Kuliah Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 90-95

Febrida, M. (2020). Cyberbullying Meningkat Selama Pandemi Corona, Awasi Anak-anak ya bunda. URL: haibunda.com/parenting/20200612101517-62-145932/cyberbullying-meningkat-selama-pandemi-corona-awasi-anak-anak-ya-bunda, (online). Diakses pada November 2020

Fetchenhauer, D., & Dunning, D. (2007). Do people trust too much or too little?. Journal of Economic Psychology, 30(3), 263-276.

Florang, Jesse E. (2020). Cyberbullying: New Approaches for School Counselors. Journal of School Counseling. 18: pp.10-18

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship. 2(2): pp. 83-92

Handono, S. G., Laeheem, K., & Sittichai, R. (2019). Factors Related with Cyberbullying Among the Youth of Jakarta, Indonesia. Children and Youth Services Review. 99: pp. 235-239.

Harjayanti, D. R., Wardani, E. S., Khair, O. I., Tanius, N., & Octovian, R. (2020). Pendidikan Bagi Generasi Milenial di SMA Almanar Azhari Islamic Boarding School Depok, Jawa Barat. Indonesian Journal of Society Engagement. 1(1): pp. 139-150

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. 3(2). pp.152-157

Kartina, K., Suntoro, I., & Siswanto, E. (2019). Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan. 1(1): pp. 1-15

Mutma, F. S. (2019). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial pada Mahasiswa. Jurnal Komunikasi. 13(2): pp. 165-182

Nafis. N. Y, Eriska. D & Saputra. N.M.A. (2019). Motif-Motif Cyberbullying Remaja (Mixed Study Tentang Pola Komunikasi Sosial Media Remaja Malang Raya). Laporan Akhir PKM Didanai 2019 oleh Kemristekdikti

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. pp. 59-64

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (Eds. ). (2012). Cyberbullying prevention and response. Routledge

Puradina,I., P., Y., & Winaya, I., M., A. (2020). Berkarakter dalam Literasi Digital: Menjaga Kedamaian Umat di Era Digital. Jayapangus PressBooks. pp. 1-18

Rachmawati, Y., & Listiana, A. (2016). Teacher's Response on the Teaching Pyramid Model-Curriculum 2013 Implementation in Kindergarten, Bandung-Indonesia. In 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016). Atlantis Press

Williard, N. E. (2005). Cyberbullying and cyberthreats. Champaign: Research Press.

Ybarra ML, Mitchell KJ, Wolak J, Finkelhor D. (2006). Examiningcharacteristics and Associated Distress Related to Internet Harassment: Findings From the Second Youth Internet Safety Survey.Pediatrics. 118(4): pp. 11-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.