Profil keterampilan komunikasi interpersonal anggota aktif pecinta alam SMA Muhammadiyah Wonosobo 2023

Hidayah Ayom Kisnanti, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melihat serta mendeskripsikan gambaran kemampuan komunikasi interpersonal anggota pecinta alam siswa SMA Muhammadiyah Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anggota pecinta alam siswa SMA Muhammadiyah Wonosobo yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala keterampilan komunikasi interpersonal dan analisis data menggunakan statistik deskriptif yang mengacu pada kaidah perhitungan standar deviasi dan mean. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat sebanyak 76,67% responden memiliki keterampilan komunikasi interpersonal  yang tinggi, 23,33% responden memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang sedang, dan 0% responden yang memiliki keterampilan komunikasi yang rendah. Dapat diartikan bahwa anggota pecinta alam di SMA Muhammadiyah Wonosobo memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi pada guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah untuk melaksanakan layanan bimbingan dengan sasaran layanan anggota pecinta alam yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal pada kategori sedang agar dapat keterampilan komunikasi interpersonal tersebut dapat meningkat.


Full Text:

PDF

References


Annisa, A. F. S. D., Rahmawati, R. D., & Salsabila, P. (2022). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru pada Masa Pandemi. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(2), 73-83.

Barseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2019). Konsep Komunikasi Interpersonal Siswa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4 (2), 129-134.

Devito, J. (1997). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books

DeVito, J. A. (2014). The Interpersonal Communication Book: Thirteenth Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.

Dougherty, L., Gagap, E., & Valente, TW (2018). Komunikasi Interpersonal Mengenai Layanan terkait Kehamilan: Teman Versus Profesional Kesehatan sebagai Saluran Informasi. BMC Kehamilan dan Persalinan , 18 (1), 1-9.

Endah, N., Rohaeti, E. E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(2), 121-128.

Ismaya, I., Ridwan, M. M., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., & Elihami, E. (2020). Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling,2(2), 100-109.

Isti'adah, F. N. L. (2017). Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 40-49.

Khotimah, K., & Isdaryanto, N. (2022). Penumbuhan Karakter Cinta Alam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) di MAN 1 Banjarnegara. Unnes civic education journal, 8(1), 44-51.

Kodariyati, l., & astuti, b. (2016). Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93 -106. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Lestari, F. W. (2015). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.26877/empati.v2i2/%20Oktober.2278

Nurhanifa, F., & Effendi, A. (2022). Pengaruh Keterbukaan Diri terhadap Ketrampilan Komunikasi Interpersonal pada Pengurus Mahasiswa Pecinta Alam Institut Islam Mamba’Ul ‘Ulum Surakarta Tahun 2022. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5315-5322. https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1859

Pertiwi, Y. A. (2020). Profil Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dan Implikasi pada Program Bimbingan Pribadi Sosial. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(2), 123-134.

Pratiwi, SW, & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor , 2 (1). https://doi.org/10.24036/02013211268-0-00

Putra, A. E., Suardja, S., & Adison, J. (2021). Profil Keseimbangan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 7 Sawahlunto. Ittihad, 5(2).

Putra, B. J., & Jamal, J. (2020). Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 399-407.

Ridwan, M. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., ... & Husain, H. (2021). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95-106.

Ridwan, W., Hardhienata, S., & Entang, M. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal, Komitmen Organisasi dan Pengawasan Terhadap Kinerja Kepala Sekolah. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) , 4 (11), 21-24. https://doi.org/10.20431/2349-0349.0411003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.