Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Anjir Pasar

Rusdiana Azizah, Irawati Irawati, Rudi Hariyadi, Yulizar Abidarda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar denga hasil belajar siswa di SMAN 1 ANJIR PASAR. Jenis penelitian ini merupakan penelitian  korelasional  yang  menggunakan  pendekatan  kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  motivasi  belajar dengan hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Anjir Pasar Kabupaten Barito kuala.  Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel = 0,971>0,361 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho  ditolak  dan  Ha  diterima,  sehingga  hipotesis  yang  menyatakan  “adanya  hubungan  antara motivasi  belajar  dengan  hasil  belajar siswa di kelas x SMAN 1 Anjir pasar diterima.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

ArtikelPratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.

Muhammad , Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal . 4(II), 1-11.

Pattatan, Yuliana S. (2019). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa.

Purwanto, Agus. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ricardo, Rini Intansari Meilani. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran. 2(II): 188-201.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, Fitria Kumala, Rakimahwati, Yanti Fitria. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 25 Jati Tinggi. Jurnal Basicedu. 3(II), 397-405.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rinneka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.