Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Anjir Pasar
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti tentang ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar denga hasil belajar siswa di SMAN 1 ANJIR PASAR. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Anjir Pasar Kabupaten Barito kuala. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel = 0,971>0,361 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas x SMAN 1 Anjir pasar diterima.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
ArtikelPratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Muhammad , Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal . 4(II), 1-11.
Pattatan, Yuliana S. (2019). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa.
Purwanto, Agus. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ricardo, Rini Intansari Meilani. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran. 2(II): 188-201.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers
Sari, Fitria Kumala, Rakimahwati, Yanti Fitria. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 25 Jati Tinggi. Jurnal Basicedu. 3(II), 397-405.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rinneka Cipta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.