Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan self-regulated learning (slr) siswa

Indra Bangkit Komara, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Self-Regulated Learning (SLR) siswa yang masih rendah. Penelitian ini merupakan telaah pustaka dengan tujuan untuk mengetahui pola peningkatan SLR melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving siswa. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan mencari dan mengulas berbagai artikel menggunakan mesin pencari jurnal (https://scholar.google.com), dan telah ditemukan jurnal sebanyak tiga artikel yang secara spesifik membahas terkait dengan variable penelitian ini. Langkah-langkah prosedur penelitian ini sebagai berikut: identifikasi, penyaringan, analisis, dan pembahasan. Analisis data menggunakan ekstraksi data. Berdasarkan hasil ekstraksi data dari artikel dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan SLR siswa setelah mendapatkak lima kali treatment dengan karakteristik SLR yang diukur diantaranya : (1) Pembelajar mengendalikan pengalaman belajar sebanyak mungkin, (2) mengembangkan keterampilannya, (3) belajar untuk menantang penampilan terbaiknya, (4) pengelolaan diri siswa, dan (5) motivasi diri dan evaluasi diri

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 8(1), 17.

Aziz, A., & Siswanto, K. A. P. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMA. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 10(1), 7–13.

Basilisa, G., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Santo Kristoforus 1 Jakarta. Psiko Edukasi, 19(2), 140–150.

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 145–155.

Febriana, S., Juliejantiningsih, Y., & Lestari, F. W. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang. 5.

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Hidayati, B. M. R. (2018). Efektifitas Pelatihan Self Management Sebagai Upaya Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VII MTS Sunan Ampel Pare. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 20–45.

Jud, J., Hirt, C. N., Rosenthal, A., & Karlen, Y. (2023). Teachers’ Motivation: Exploring The Success Expectancies, Values and Costs of The Promotion of Self-Regulated Learning. Teaching and Teacher Education, 127, 104093. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104093

Karlen, Y., Hirt, C. N., Jud, J., Rosenthal, A., & Eberli, T. D. (2023). Teachers as Learners and Agents of Self-Regulated Learning: The Importance of Different Teachers Competence Aspects for Promoting Metacognition. Teaching and Teacher Education, 125, 104055. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104055

Khoiriah, A. (2010). Pemanfaatan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dalam Pembuatan Program Bimbingan dan Konseling di SMPN 21 Pekanbaru. PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nisa, M., Handoyo, A. W., & Conia, P. D. D. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. 7.

Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Problem Solving untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. 2(2).

Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118–128.

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, 5(1), 44–49.

Surawan, K., Nurhayata, I. G., & Sutaya, I. W. (2018). Penerapan Model Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik pada Siswa Kelas X TIPTL 3 SMK Negeri 3 Singaraja. 7.

Yong, T. H., & Sokumaran, N. (2023). Exploring Self-Regulated Learning Through Differentiated Feedback. Cogent Education, 10(1), 2212113. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2212113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.