Konseling cognitive behavioral therapy (cbt) untuk meningkatkan karakter integritas siswa

Arif Setiawan

Abstract


Masih banyak ditemukan perilaku atau sikap siswa yang memiliki integritas rendah seperti masih adanya siswa yang melanggar peraturan sekolah, kecurangan akademik, tidak sopan terhadap bapak/ibu guru, kurang sadar terhadap tanggung jawab sebagai pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literatur dan menganalisis mengenai seperti apa integritas siswa di sekolah dan layanan konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk meningkatkan karakter integritas siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang mendeskripsikan, fakta maupun gambaran mengenai sebuah fenomena yang akan diteliti. Hasil temuan menyatakan bahwa masih rendahnya integritas dikalangan siswa. hal ini dibuktikan dari beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu berdasarkan hasil kajian literaur layanan konseling Cognitive Behavioral Therapy berpotensi efektif dalam meningkatkan nilai karakter integritas pada siswa.


Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar, Integritas, dan Situasi Siswa pada Materi Gelombang Mekanik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Bintan Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Alia, P. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Integritas Akademik pada Siswa SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS). UIN Syarif Hidayatullah.

Arsyad, A. R. (2019). Integritas Siswa SMAN dan MAS di Kalimantan Utara. 5(72), 145–156.

Asrori, H. M., & Wicaksono, L. (2020). IX SMP Negeri 14 Pontianak. 2019, 1–9.

Bafadal, ibrahim, Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272–282. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p272

Conn, S. M. (2017). Predictors of Tuition Worth: Psychological Sense of Community, Institutional Integrity, and Student Thriving. Christian Higher Education, 16(3), 142–158. https://doi.org/10.1080/15363759.2016.1250685

Corey, G. (2009). Theory adn Practice Counseling and Psychotherapy (9th edition). 519.

Evans, L., & Allez, K. (2018). Cognitive Behaviour Therapy for Low Self-Esteem in A Person With A Learning Disability: A Case Study. Advances in Mental Health and Intellectual Disabilities, 12(2), 67–76. https://doi.org/10.1108/AMHID-06-2017-0023

Feoktistova, Y. (2014). Corruption in Higher Education and Government Measures for its Prevention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 167–172. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1152

Firmantyo, T., & Alsa, A. (2017). Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1. https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.959

Goddiksen, M. P., et al. (2021). Good Friend or Good Student? An Interview Study of Perceived Conflicts Between Personal and Academic Integrity Among Students in Three European Countries. Accountability in Research, 28(4), 247–264. https://doi.org/10.1080/08989621.2020.1826319

Handriani, D. P. (2017). Meningkatkan integritas berbasis ecomapping bagi guru ipa smp negeri 11 surakarta semester 1 tahun pelajaran 2016-2017 SMP Negeri 11 Surakarta Emailkorespondensi : dpitaloka73@gmail.com. 1.

Hayes, S. C., & Hofmann, S. G. (2017). The Third Wave of Cognitive Behavioral Therapy and The Rise of Process-Based Care. World Psychiatry, 16(3), 245–246. https://doi.org/10.1002/wps.20442

Husna, N. N. M., & Sutoyo, A. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan terhadap Penyesuaian Diri Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(2), 39–44.

Imroatul Hayyu Erfantinni, Edy Purwanto, M. J. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 119–125.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Jiang, H., Emmerton, L., & McKauge, L. (2013). Academic Integrity and Plagiarism: A Review of The Influences and Risk Situations for Health Students. Higher Education Research and Development, 32(3), 369–380. https://doi.org/10.1080/07294360.2012.687362

Keener, T. A., Galvez Peralta, M., Smith, M., Swager, L., Ingles, J., Wen, S., & Barbier, M. (2019). Student and Faculty Perceptions: Appropriate Consequences of Lapses in Academic Integrity in Health Sciences Education. BMC Medical Education, 19(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1645-4

Kim, H. (2013). Exercise Rehabilitation for Smartphone Addiction. Journal of Exercise Rehabilitation, 9(6), 500–505. https://doi.org/10.12965/jer.130080

Maulana, R., Hidayati, N. W., & Allmahny, D. (2018). Meningkatkan Pemahaman Integritas Diri Melalui Layanan Informasi dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(2), 49. https://doi.org/10.26737/jbki.v3i2.738

Mazaheri, E., Richard, M. O., & Laroche, M. (2012). The Role of Emotions in Online Consumer Behavior: A Comparison of Search, Experience, and Credence Services. Journal of Services Marketing, 26(7), 535–550. https://doi.org/10.1108/08876041211266503

Nababan, A., & Sihombing, W. F. (2021). Hubungan Integritas Guru PAK dalam Melaksanakan Tugas dan Tanggungjawab terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Christian Humaniora, 5(1), 116–124. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619

Peregrin, T. (2018). Promoting Student Integrity: Ethical Issues in the Digital Age. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 118(8), 1498–1500. https://doi.org/10.1016/j.jand.2017.08.115

Purnawati, S. (2016). Dinamika Perilaku Kecurangan Akademik pada Siswa Sekolah Berbasis Agama. UMS Journal, 1–21.

Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019). Integritas Akademik: Prediktor Kesejahteraan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1), 29. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.14

Rofifah, D. (2018). Seminar Nasional Guru Dikdas Berprestasi “Membangun Keteladanan Guru Pendidikan Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21” Bagian II. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Salwa, A., Away, Y., & Tabrani, M. (2018). Pengaruh Komitmen, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Serta Dampaknya pada Kinerja Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, 2(1), 58–67.

Setya, F. ditto, & Gea, A. A. (2014). Pengaruh Etika Kerja , Komitmen Organisasi , Locus Of Control Dan Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Pada Pt Pos Indonesia (PERSERO) Cabang Jember. Humaniora, 5(2), 950–959. http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humaniora/Vol5no2Oktober2014/41_CB_Antonius.pdf

Situmorang, D. D. B., Mulawarman, M., & Wibowo, M. E. (2018). Comparison of the Effectiveness of CBT Group Counseling with Passive vs Active Music Therapy to Reduce Millennials Academic Anxiety. International Journal of Psychology and Educational Studies, 5(3), 51–62. https://doi.org/10.17220/ijpes.2018.03.005

Sri Redjeki, D. P., & Heridiansyah, J. (2013). Memahami Sebuah Konsep Integritas. Jurnal Stie Semarang, 5((ISSN : 2252-7826), 2–4.

Syaputra, Y. D., Hidayah, N., Ramli, M., & Alfaiz, A. (2019). Metaanalisis Karakter Integritas Siswa Berbasis Nilai Bundo Kanduang Era Revolusi Industri 4.0. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 165. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.5266

Wilhelm, S., Weingarden, H., Ladis, I., Braddick, V., Shin, J., & Jacobson, N. C. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy in the Digital Age: Presidential Address. Behavior Therapy, 51(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.beth.2019.08.001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.