Layanan bimbingan kelompok sebagai alternative untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa

Raden Ilham Fauzi Wiranugraha, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Kemandirian belajar merujuk pada kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain. Mereka memiliki motivasi dan tanggung jawab pribadi untuk menyelesaikan masalah belajar. Kemandirian belajar dapat tercapai ketika siswa aktif mengendalikan kegiatan belajar mereka sendiri, mengevaluasi kemajuan mereka, dan merencanakan langkah selanjutnya dalam pembelajaran. Siswa juga harus aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan menggunakan Teknik diskusi kelompok sebagai alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kadipaten. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi pustaka atau tinjauan literatur, yang melibatkan pengumpulan informasi dari sumber-sumber perpustakaan seperti artikel dan jurnal. Dalam studi literatur ini, penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel dan majalah untuk memperoleh pemahaman tentang peran layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Layanan bimbingan kelompok sebagai alternative untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Adzkiyah,. N. H.., Ardianti,,, T.,. & Kasmanah, K. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.7003

Hadi, M., & Sovitriana, R. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 3(3), 26–32.

Mawaridz, A. D., & Rosita, T.. (2019). Bimbingan Kelompok untuk Siswa SMP yang Memiliki Minat Belajar Rendah, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(4). 158. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i4.4664

Ramadani, A. I. S., Alam, F. A., & Rauf., W,. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 1–12. https://journal.stkipmuhammadiyahbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/33

Sundayana. R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Susilo., T., & Kurniawan., D. E. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Di SMP It Masjid Syuhada Yogyakarta. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.664


Refbacks

  • There are currently no refbacks.