Literature review: Efektivitas layanan konseling kelompok teknik problem solving untuk mereduksi perilaku prokastinasti akademik

Annisa Aprilia Cahyaningsih, Aprilia Setyowati

Abstract


Menunda tugas sekolah adalah salah satu masalah pembelajaran saat ini. Siswa sering menunda mengerjakan tugas sekolah mereka, terutama ketika harus menyerahkan tugas terlambat atau tidak melakukannya dengan baik. Siswa menunda mengerjakan tugasnya karena beberapa alasan, seperti merasa malas, tidak termotivasi, ingin melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan, bingung dengan banyaknya tugas yang dimiliki, setting yang kurang ideal, dan sebagainya. Prokrastinasi akademik ini mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi jika dibiarkan akan menimbulkan masalah baru seperti kecerobohan, kecemasan, dan pembolosan. Jika hal ini terus terjadi, siswa tersebut akan putus sekolah. Karena itu, salah satu cara untuk menghentikan siswa menunda tugas sekolah adalah dengan mengajari mereka cara memecahkan masalah dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa baik teknik problem solving konseling kelompok dapat membantu siswa yang menunda mengerjakan tugas sekolahnya. Metode penelitian kuantitatif dan pendekatan tinjauan pustaka keduanya digunakan dalam pekerjaan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan metode pemecahan masalah dapat membantu siswa untuk mengurangi masalah prokrastinasi akademiknya.


Full Text:

PDF

References


———. “Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Falah Cililin.” Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 2, No. 3 (11 Mei 2019): 87. https://doi.org/10.22460/Fokus.V2i3.4498

———. “Konsep Dasar Konseling Kelompok,” T.T.

Fahmi, Nasrina Nur, Slamet. “Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 13, No. 2 (1 Maret 2017): 69–84. https://doi.org/10.14421/Hisbah.2016.132-05

Fatchurahman, M, Dina Fariza Triyani Syarif, dan Siti Turohmi. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Perilaku Membolos Siswa.” Indonesian Journal Of Educational Counseling 2, No. 1 (2 Januari 2018): 55–68. https://doi.org/10.30653/001.201821.18

Kusumawide, Kristiyaningrum Tri, Wahyu N. E. Saputra, Said Alhadi, dan Hardi Prasetiawan. “Keefektifan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 9, No. 2 (20 November 2019): 89. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.4618

Munawaroh, Martika, Said Alhadi, dan Wahyu Saputra. “Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta.” Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 2, No. 1 (3 Maret 2017): 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026

Ningtiyas, Ayu. “Layanan Konseling Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik,” T.T.

Permana, Bayu. “Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Falah Cililin.” Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 2, No. 3 (11 Mei 2019): 87. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498

Saka, Apolinarius Dari, Aniek Wirastania. “Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya.” Helper : Jurnal Bimbingan Dan Konseling 38, No. 2 (29 September 2021): 59–68. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no2.a3708

Siregar, Siti Wahyuni. “Konsep Dasar Konseling Kelompok,” T.T.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.