Literature review: Strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa

Diki Herdiansyah, Mufied Fauziah

Abstract


Resiliensi akademik adalah kemampun yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi kejatuhan (setback), tantangan (challenge), kesulitan (adversity), dan tekanan (pressure) secara efektif dalam konteks akademik. Dalam meningkatkan kemampuan resiliensi akademik mahasiswa, bimbingan dan konseling memiliki peranan yang sangat penting. Sehingga penelitian ini berutujuan untuk mengetahui apa saja strategi layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan dalam meningakatkan kemampuan resiliensi akademik mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literatur review dengan mengkaji jurnal-jurnal yang terdapat di Google Scholar antara 2019-2023 dengan kata kunci “resiliensi akademik mahasiswa, bimbingan dan konseling”. Sehingga didapatkan delapan jurnal yang relevan yang dapat menjawab pertanyaan peneliti. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa layanan yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan resiliensi akademik mahasiswa yaitu layanan konseling kelompok, bimbingan kelompok, dan layanan informasi.


Full Text:

PDF

References


Agustina, M. W., & Deastuti, P. W. P. (2023). Hardiness dan Stress Akademik pada Mahasiswa Rantau. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(1), 34-45.

Anisanti, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Kelompok terhadap Stres Akademik Siswa. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 89-94.

Astuti, I., Atika, A., & Haryati, E. (2022). Pengembangan Model Resiliensi Akademik Berbantuan Konseling Kelompok. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 116-125.

Beri, Nimisha, and Deepak Kumar. 2018. “Predictors of Academic Resilience among Students: A Meta Analysis.” Journal on Educational Psychology11(4):37–44

Cania, L. F., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2), 125-134.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7.

Coronado-Hijón, A. (2017). Academic Resilience: A Transcultural Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 594–598. doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.013

Fadillah, G. F., & Nisa, A. T. (2020). Upaya Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa Melalui Layanan Informasi Di PP-AL Musthofa Ngeboran. Jurnal Warta Abdimas, 3(1).

Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Teknik Restrukturing Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling UNIPA Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIPA Surabaya, 17(1), 76-83.

Fitri, H. U., & Kushendar, K. (2019). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 67-74.

Fitriani, E. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 34-38.

Hartanto, D., Bhakti, C. P., & Kurniasih, C. (2021, August). Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Howard, S., & Johnson, B. (2000). What Makes the Difference? Children and teachers talk about resilient outcomes for children “at risk.” Educational Studies, 26(3), 321–337. https://doi.org/10.1080/03055690050137132

Kadafi, A., Pratama, B. D., Suharni, S., & Mahmudi, I. (2020). Mereduksi Perilaku Phubbing melalui Konseling Kelompok Realita Berbasis Islami. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(2), 31-34.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic Resilience and Its Psychological and Educational Correlates: A Construct Validity Approach. Psychology in the Schools, 43, 267-281. https://doi.org/10.1002/pits.20149

Maulana, M. A., & Hidayati, A. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNIVET Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 67-72.

Morales, E. E. (2008). Exceptional Female Students of Color: Academic Resilience and Gender in Higher Education. Innovative Higher Education, 33(3), 197–213. https://doi.org/10.1007/s10755-008-9075-y

Nashori, F., & Saputro, I. (2021). Psikologi Resiliensi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nuraini, P. (2022). Solution Focus Brief Counseling Strategi Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 122-129.

Permatasari, D. (2020). Konseling Kelompok Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 1-11.

Purba, A. A., & Harahap, A. C. P. (2023). 10. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 252-260.

Putri, A. F. (2019). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35-40

Quintiliani, L., Sisto, A., Vicinanza, F., Curcio, G., & Tambone, V. (2021). Resilience and Psychological Impact on Italian University Students During COVID-19 Pandemic. Distance learning and health. Psychology, Health & Medicine, 1-12.

Sabila, F. N., Jamain, R. R., &IIdiyanita, R. (2021). Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Reknik Peer Counseling Pada Siswa Kelas VII SMP Gibs Barito Kuala, 4(4).

Sari, S. P., & Yustiana, Y. R. (2022). Bimbingan dan Konseling Bermain dengan Pendekatan Cognitive Behavioral untuk Mengembangkan Resiliensi Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 113-120.

Siregar, A. (2023). Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa Prodi BKPI Melalui Layanan Informasi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 6(1), 24-37.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2021). Mengembangkan Resiliensi Akademik dengan Model Konseling Jurnaling. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 56-64.

Suryanti, H. H. S., & Hartini, S. (2020). Kolaborasi Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok Dalam Membentuk Karakteristik Mental Yang Sehat Mahasiswa. Research Fair UNISRI, 4(1).

Triningtyas, D. A., & Saputra, B. N. A. (2021). New Normal: Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Utp Surakarta (Vol. 1, No. 01, pp. 112-116).

Trisnowati, D., Rufaidah, A., & Mardiana, N. (2021). Mengatasi Perilaku Kecanduan Game Online Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-24.

Velyna, T. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peninggkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Al-Rabwah, 13(02), 138-153.

Wahidah, E. Y. (2019, July). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 11- 140).

Wahyuni, S. (2018). Konsep Dasar Konseling Kelompok. Hikmah, 12(1), 78-97.

Wills, Gabrielle, and Heleen Hofmeyr. 2019. “Academic Resilience in Challenging Contexts: Evidence from Township and Rural Primary Schools in South Africa.” International Journal of Educational Research, 98:192–205.

Zamroni, Z. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok Realitas untuk Meningkatkan Academic Hardiness Mahasiswa. Keefektifan Konseling Kelompok Realitas untuk Meningkatkan Academic Hardiness Mahasiswa, 3(1), 120-129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.