Peranan guru bimbingan dan konseling dalam membina attitude berkomunikasi generasi alpha

Lulu Enjjelina, Ulfa Danni Rosada

Abstract


Attitude berkomunikasi adalah sikap dalam berkomunikasi antara komunikator dengan komunikan, perasaan mengenai seseorang atau suatu hal yang bisa dimaknai dari cara berperilaku seseorang. Attitude sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari baik lingkungan dan masyarakat sekitar, melalui attitude individu memandang individu lain dan mendapatkan gambaran atas perilaku, cara befikir, kepribadian dari lawan bicara nya tersebut. Dengan attitude pula dapat menetukan kualitas hubungan, keberhasilan dengan lingkungan dan individu lainnya, manusia terlahir sebagai makhluk social yang berketergantungan dengan orang lain, manusia mempunyai aturan dan norma yang harus dijalankan agar kehidupan berjalan nyaman. Salah satu nya dengan cara memiliki attitude berkomunikasi yang baik, dampak nyata sangat berpengaruh jika individu memiliki attitude berkomunikasi yang buruk, seperti tidak dihargai orang lain, tidak dianggap dalam lingkungan, menimbulkan sikap enggan dalam menjalin hubungan akibatnya banyak kegiatan yang terhambat seperti tidak ada yang ingin membantu jika butuh pertolongan, sikap kurang menyenangkan saat bertemu.dsb. maka guru bimbingan dan konseling selaku pendidik dan pembimbing memiliki peran membantu mengoptimalkan aspek perkembangan social. Generasi alpha merupakan generasi yang lahir setelah generasi Z yang lahir pada tahun 2010-2025 yang merupakan generasi digital, dimana generasi yang berkaitan erat dengan teknologi sejak dalam masa kandungan. Dengan mudahnya akses teknologi yang melibatkan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Dikhawatirkan generasi alpha meyalahgunakan teknologi untuk hal- hal yang merugikan bagi diri sediri maupun orang lain, dan terkena dampak negatif dari teknologi, Oleh sebab itu pentingnya peran dari guru bimbingan dan konseling dalam mencegah dan mengurangi perilaku ataupun perkembangan yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan guru bimbingan dan konseling dalam membina attitude berkomunikasi pada generasi alpha. Jenis penelitian ini meggunakan metode kajian literatur yaitu menganalisis secara kritis sumber relevan terkait topik penelitian. Dari hasil penelitian telah ditemukan bahwa guru bimbingan konseling sangat berpengaruh dalam membina attitude siswa, khusus nya generasi alpha, dengan memberikan layanan bimbingan konseling yang memuat tema seperti sopan santun siswa, cara berkomunikasi, memberikan informasi terkait dengan sikap pada remaja.


Full Text:

PDF

References


Arifaturrahmi, n. (2022). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membentuk Attitude Komunikasi Generasi Z di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekanbaru. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Astuti, A. D. (2017). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menguatkan Nilai-Nilai Moral Remaja yang Berkarakter. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).

Az, A. A. (2022). Peran Guru BK dalam Pembinaan Sopan Santun Siswa di SMPN 2 Teunom. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Baryadi, I. P. (2014). Perilaku Berbahasa yang Tidak Sopan dan Dampaknya Bagi Pendidikan Karakter.

Chornelis, E. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Doctoral Dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Daniar, F. (2022). Pola Komunikasi Guru BK dalam Membina Karakter Peserta Didik yang Bermasalah di SMK Al Amanah Kabupaten Bandung Studi Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Doctoral dissertation, Universitas Pasundan.

Marsembon, S. S. (2021). Tinjauan Kembali Peran Guru Bimbingan Konseling di Sekolah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Doctoral Dissertation. IAIN Ambon.

Mini, R. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Karakter dan Attitude. Nur El-Islam, 4(2), 79-96.

Novianti, R., Hukmi, H., & Maria, I. (2019). Generasi Alpha–Tumbuh dengan Gadget dalam Genggaman. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 8(2), 65-70.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Rahmah, F. N. (2020). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Siswa di SMP Negeri 17 Banjarmasin. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gadget terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272-282.

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.