Peningkatan penyesuaian diri dengan teman sebaya melalui layanan konseling kelompok teknik modeling partisipan

Mega Rahma Fitriani, Silvia Yula Wardani, Titis Anjarimawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri dengan teman sebaya siswa kelas X, mengingat penyesuaian diri merupakan langkah awal siswa agar dapat menyatu dengan lingkungan serta menjadi dasar nyaman tidaknya siswa dalam menjalani pembelajaran di sekolah sehingga sangat penting untuk siswa berhasil melewati proses ini. Ketidak berhasilan yang dialami siswa menimbulkan masalah dalam dirinya, peran konselor sangat besar tentunya dalam pengentasan masalah yang dialami serta merupakan upaya pencegahan timbulnya permasalahan pada bidang lainnya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/ 2023 di SMA Negeri 1 Pulung. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 5 orang, data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan konselor dan wali kelas di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang terdiri dari 2 siklus menggunakan konseling kelompok behavioristik teknik modeling partisipan yang memanfaatkan proses belajar melalui pengamatan terhadap model yang dihadirkan secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan menggunakan konseling kelompok, ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus layanan.

Full Text:

PDF

References


Ali, M dan Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Basrowi & Suwandi. (2009). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers, cet. VI, hal. 43

Mappiare, Andi. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional

Nawala, Octaria dkk. (2013). Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa dengan Teman

Papalia, Olds, & Feldman. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Purwaningsih, Sri. (2019). Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di Sekolah. IJIP: https://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijip/article/view/2837

Santrock, John W. (2003). Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Sariningtyas, Ida. 2018. Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa terhadap Lingkungan Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Kelas VII-A MTs N 8 Gunungkidul. Proceeding: https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT/article/download/957/514

Singgih dan Gunarsa. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Soekadji, S. (2003). Modifikasi Perilaku Penerapan Sehari-Hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty

Sukardi, DK. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Sumiati, Desi. (2013). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Artikel: https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgeo/article/download/581/340

Sunarto dan Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.