Analisis bibliometrik: Kajian keterbukaan diri peserta didik di Indonesia tahun 2017-2023

Muhammad Anwar Maulana, Amien Wahyudi

Abstract


Manusia adalah makhluk sosial yang saling berhubungan. Melalui komunikasi, manusia menyatakan eksistensi dirinya. Manusia mengekspresikan keberadaan mereka melalui komunikasi.  mampu dan cukup berani untuk berbagi pikiran dan perasaan secara terbuka dan komunikatif, menjadikan komunikasi dengan orang lain akan lebih menyenangkan dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan trent riset salah satu bagian dari sikap peserta didik yaitu keterbukaan diri dengan riset dari tahun 2017-2023 Selain itu, peneliti ini juga mengkaji penulis yang karyanya mengeksplorasi keterbukaan sebagai tema kajian. Dengan demikian, analisis penelitian yang akan dihubungkan dengan keterbukaan diri siswa.  Dengan menggunakan Publish or Perish ( POP ) , penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik pada data sampel 330 dokumen pencarian Google secholar. Data kemudian disimpan dalam bentuk RIS dan diinput pada VosViewer dengan hasil 3 kata kunci dan 4 klaster sesuai kata kunci pencarian keterbukaan diri, keberhasilan belajar, ekstrakulikuler pramuka. Hasil penelitian menunjukan bahwa topik kajian keterbukaan diri antara keberhasilan belajar berdasarkan ekstrakulikuler pramuka. Intervensi keterbukaan menjadi kajian yang dominan dilakukan di indonesia dibandingkan dengan kajian keberhasilan belajar, dan ekstrakulikuler pramuka. Implikasi dari riset ini adalah menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait keterbukaan diri di indonesia.

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78.

Djaali, H. (2023). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Ekna Satriyati, S. S. (2021). Pola Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Di Era Pandemi Covid-19. CV Literasi Nusantara Abadi.

Fauziah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswi SMKN 10 Kota Bekasi. Thesis. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif.

Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Hasibuan, I. (2020). Training dalam Mengungkapkan Masalah Siswa yang Sesungguhnya Melalui Bimbingan Kelompok di MAS PAB 1 Sampali. Thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kartikasari, M. N. D., Fitria, Y., Damayanti, F. E., Prabu, S., Fatsena, R. A., Kusumawaty, I., Rahmy, H. A., Jalal, N. M., & Budi, Y. S. (2022). Kesehatan Mental. Global Eksekutif Teknologi.

Lestari, N. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Pribadi-Sosial Melalui Pendekatan Behavioral dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Di SMK N 7 Bandar Lampung. Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Limbong, M. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Uki Press.

Midianto, F. D., & Purworini, D. (2019). Keterbukaan Komunikasi Interpersonal terhadap Semangat Kerja (Studi Kuantitatif Eksplanatif di Kalangan Pimpinan dan Karyawan PT. ADETEX Bandung). Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Nofita, Y. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Sosial dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Parnawi, A. (2021). Psikologi Perkembangan. Deepublish.

Riswanti Rini, R., Nurain, S., & Ujang, E. (2022). Literasi Digital Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179.

Rosyidah, N. (2019). Ekstrakurikuler Multilingual Sebagai Upaya Membiasakan Kemampuan Berbahasa di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an. Thesis. IAIN Ponorogo.

SELLY, E. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Guna Mengembangkan Keterampilan Komunikasiinterpersonal Peserta Didik Kelas XI TKJ di SMK Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021. Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Sundari, F. (2017). Peran Guru sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.

Syah, Z., & Sesmiarni, Z. (2022). Model Pembinaan Pengasuh Panti Asuhan dalam Membentuk Konsep Diri dan Kemandirian Anak Asuh di Panti Asuhan Fastabiqul Khairat Koto Baru Dhamasraya. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 62–69.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Titin Alawiyah, T. (2022). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Kesehatan Mental di Kalangan Remaja Lingkungan I Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara Sumatera Utara. Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ulan, M. S. (2021). Pembinaan Karakter Percaya Diri Santri Melalui Muhadharah di Pondok Pesantren Miftahul Asror Desa Cimanuk Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran. Thesis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yunita, F. (2022). Hubungan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) terhadap Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas XI SMA Islam Kebumen Tanggamus Tahun Ajaran 2020/2021.

Zulkifli, A. (2018). Self-Disclosure Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Self-Esteem pada Remaja Pengguna Media Sosial. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2), 179–184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.