Literature review: Efektivitas konseling kelompok restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan optimisme akademik siswa

Nurinisa Ramadanti, Aprilia Setyowati

Abstract


Masalah-masalah yang dihadapi siswa selama masa pendidikan siswa, seperti keharusan untuk mengikuti ujian dan dievaluasi baik dari segi intelektual maupun sosial, menjadi inspirasi dari penelitian literature review ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa baik konseling kelompok restrukturisasi kognitif bekerja untuk meningkatkan optimisme akademik siswa. Artikel-artikel dari ResearchGate, Google Schoolar, ScienceDirect dan database lainnya digunakan dalam teknik tinjauan literatur. "Konseling kelompok," "restrukturisasi kognitif," "optimisme," dan "akademik" adalah istilah pencarian untuk artikel. Hasil dari kajian literatur berupa hubungan optimisme dengan akademik, pengaruh optimisme terhadap akademik serta keefektivan restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan optimisme akademik. Rekomendasi kajian literatur ini dapat menjadikan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif sebagai alternatif konseling kelompok yang dapat digunakan untuk meningkatkan optimisme akademik.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik, hal.16.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Segerstrom, S. C. (2010). Optimism. Clinical psychology review, 30(7), 879-889. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2010.01.006

Erlangga. Kalisha, S., & Sundari, A. R. (2023). Pengaruh Optimisme dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Resiliensi Menyelesaikan Skripsi Saat Pandemi. Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 134-143

Forgeard, M. J. C., & Seligman, M. E. P. (2012). Seeing The Glass Half Full: A Review of The Causes and Consequences of Optimism. Pratiques Psychologiques, 18(2), 107-120. https://doi.org/10.1016/j.prps.2012.02.002

Hurlock, Elizabeth B. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta.

Khairat, I., & Mudrikah, S. (2022). Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Sikap Optimisme. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(2), 118-130. https://doi.org/10.30653/001.202262.236

Lusiawati, I. (2019). Membangun Optimisme pada Seseorang Ditinjau dari Sudut Pandang Psikologi Komunikasi. Jurnal TEDC, 10(3), 147-151.

Muhammad, S. (2018). Mewujudkan Bimbingan Konseling Profesional.

Passela, L. H., & Yusra, Z. (2023). Kontribusi Optimisme terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10527-10537. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1625

Puspasari, K. D. (2020). Program Pengembangan Optimisme pada Remaja (Ppo-R) untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja dengan Orang Tua yang Telah Meninggal. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ramadhoni, S. R. (2018). Islamic Cognitive Restructuring dalam Menangani Konsep Diri Rendah Seorang Siswa Kelas VIII di SMP Khadijah Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(2), 146-159. https://doi.org/10.29080/jbki.2018.8.2.146-159

Randolph, J. (2009). A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 14(1), 13. https://doi.org/10.7275/b0az-8t74

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Santrock, J. W. (2006). Life-Span Developmental Psychology. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Santrock, John W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Seligman, M. E. P. (1995). The Effectiveness of Psychotherapy: The Consumer Reports study. American Psychologist, 50(12), 965–974. https://doi.org/10.1037/0003-066X.50.12.965

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential For Lasting Fulfillment. Free Press.

Seligman, M. E. P., & Csikszentmihalyi, M. (2001). "Positive psychology: An introduction": Reply. American Psychologist, 56(1), 89–90.

Seligman, M. E. P., Rashid, T., & Parks, A. C. (2006). Positive Psychotherapy. American Psychologist, 61(8), 774–788. https://doi.org/10.1037/0003-066X.61.8.774.

Septiady, T., & Setyowati, R. B. (2020). Hubungan Optimisme dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Tahap Akhir Jakarta. Human Behavior in the New Normal Post Pandemic: Challenges and Opportunities for Psychology in the Archipelago, 115.

Suryaningsih, A. (2016). Hubungan antara Optimisme dan Self Efficacy dengan Flow Akademik Siswa SMA. Calyptra, 5(1), 1-22.

Toor, S.F. (2009). Optimism and Achievement: A Domain-Specific and Within-Construct Investigation. Doctoral Dissertations. Knoxville: University of Tennessee.

Uma, F. R. (2020). Strategi Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Kelompok untuk Mereduksi Rendah Diri Siswa. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 71-76. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.20

Valentsia, G. K. D., & Wijono, S. (2020). Optimisme dengan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 15-22.

Vizoso, C., Arias-Gundín, O., & Rodríguez, C. (2019). Exploring Coping and Optimism as Predictors of Academic Burnout and Performance among University Students. Educational Psychology, 39(6), 768-783. https://doi.org/10.1080/01443410.2018.1545996


Refbacks

  • There are currently no refbacks.