Maladaptasi guru terhadap penggunaan teknologi pembelajaran di era digital (studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Ciamis)

Ai Zakiah Fitria

Abstract


Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh terhadap bidang pendidikan, salah satunya ialah pemanfaatan multimedia dan internet dalam proses pembelajaran. Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi, guru dituntut untuk bisa mengimbanginya. Namun masih banyak guru di daerah, belum terbiasa menggunakan internet dan teknologi dalam pembelajaran. Fenomena ini terjadi di MTsN 7 Ciamis, yang terdapat permasalahan maladaptasi guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Bentuk permasalahan maladaptasi yang terjadi di lapangan ialah sebagian guru belum bisa mengoperasikan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran maupun pengumpulan tugas dilakukan secara manual. Berdasarkan kondisi tersebut, studi ini hendak menjelaskan pentingnya penggunaan teknologi oleh guru dalam pembelajaran. Adapun fokus penelitian yakni pertama, bagaimana bentuk maladaptasi guru terhadap penggunaan teknologi pembelajaran di era digital. Kedua, faktor yang menyebabkan terjadinya maladaptasi guru terhadap penggunaan teknologi pembelajaran di era digital. Ketiga, solusi dalam mengurangi maladaptasi guru terhadap penggunaan teknologi pemberlajaran di era digital. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan informan guru mata pelajaran MTsN 7 Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bentuk maladaptasi guru di MTsN 7 Ciamis yaitu kesulitan menggunakan media teknologi dalam pembelajaran, gagap teknologi, serta ketidakcakapan guru menggunakan media teknologi dalam pembelajaran. Maladaptasi guru disebabkan oleh tiga faktor yaitu terbatasnya teknologi pembelajaran di sekolah, media teknologi yang dianggap tidak penting, serta kemampuan guru mengelola teknologi pembelajaran yang terbatas. Adapun 3 solusi mengatasi maladaptasi guru yaitu pemberian fasilitas teknologi penunjang pembelajaran di setiap kelas, mengadakan program pelatihan rutin dalam bidang teknologi pembelajaran kepada para guru di sekolah, serta mengadakan pelatihan terkait metode pembelajaran yang efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Astini, N, K, S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194

Binus. (2021). Pentingnya Teknologi bagi Pendidikan. https://student-activity.binus.ac.id/tfi/2021/10/pentingnya-teknologi-bagi-pendidikan/ (Diakses pada 21 Mei 2023)

Gunawan, S., & Widiati, S. (2019). Tuntutan dan Tantangan Pendidik dalam Teknologi di Dunia Pendidikan Di Era 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 594–601. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3089%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3089/2908

Hariyadi, A.B. & Hariyati, N. (2020). Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 08(04).

Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Adaptasi Teknologi bagi Sektor Pendidikan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/10/adaptasi-teknologi-bagi-sektor-pendidikan-dalam-menjawab-tantangan-masa-depan (Diakses pada 15 Februari 2023)

Kristianda,S.D. (2020). Faktor faktor Penghambat https://repository.unair.ac.id/99866/4/4.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf

Kusnandar, V. (2022). Ada 3,3 Juta Guru di Indonesia, Guru SD Terbanyak. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/23/ada-33-juta-guru-di-indonesia-guru-sd-terbanyak#:~:text=Berdasarkan%20data%20Direktorat%20Jenderal%20Pendidikan,juta%20guru%20di%20seluruh%20Indonesia (Diakses pada 01 Maret 2023)

Lukman, B., Salawati, F., Raffi, M., & Nova, S. (2017). Perkembangan Teknologi Kabupaten Bintan. 1(2), 1–6.

Magdalena. I., Shodikoh, A.F., Pebrianti. A.R., Jannah, A.Q., & Susilawati. I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Volume 3, Nomor 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Makdori, Y. (2021). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi (Diakses pada 31 Mei 2022)

Mey. (2018). Pemimpin Harus Mempunyai Daya Adaptasi dan Harus Lebih Sensitif terhadap Perubahan. https://feb.ugm.ac.id/id/berita/2157-pemimpin-harus-mempunyai-daya-adaptasi-dan-harus-lebih-sensitif-terhadap-perubahan (Diakses pada 22 Mei 2023)

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan dan Keputusan Karier: Konsep Krusial dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Prajana, A., Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Informasi Teknologi Pembelajaran. 7(1).

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208. http://www.uic.edu/depts/

Sali. H.N.A, (2020). Pengaruh Usia dan Masa Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Maruki Internasional Indonesia. https://lib.atim.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/NWM0NjJiN2FjZjQ3MzM1M2RmMjE1Nzk4ZGNiZDgwZTdjZTRlNTZlZg==.pdf

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sandiar, L., Narsih, D., & Rosita, W. (2019). Peran Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Serta Pengaruhnya pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 161–167. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/749%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/749%0A

Sutisna, I., & Safitri, R. (2022). Adaptasi Guru di Era Pendidikan Berbasis Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 03(01), 1–7.

Tupulu, N. (2021). "Ketidakmampuan" Mengapa Menjadi Masalah dalam Pendidikan di Sekolah?. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/ketidakmampuan-mengapa-menjadi-masalah-dalam-pendidikan-di-sekolah/ (Diakses pada 19 Mei 2023).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.