Peran circle pertemanan terhadap tercapainya tugas perkembangan pada mahasiswa baru

Tasladia Aura Rahma

Abstract


Memiliki sekelompok teman atau sirkel pertemanan pada tahun pertama perkuliahan menjadi salah satu upaya mahasiswa baru untuk memperluas jejaring pertemanan sekaligus meningkatkan kematangan hubungan dengan teman sebaya, yang mana hal tersebut merupakan salah satu tugas perkembangan yang hendaknya dicapai oleh mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa baru di tahun pertama perkuliahan, bagaimana terbentuknya sirkel, perasaan mahasiswa baru kepada teman dalam sirkelnya, serta pengaruh sirkel pertemanan terhadap tercapainya tingkat kematangan hubungan dengan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 3 mahasiswa Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi.


Full Text:

PDF

References


Bronkema, R. H., & Bowman, N. A. (2019). Close Campus Friendships and College Student Success. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 21(3), 270–285. https://doi.org/10.1177/1521025117704200

Calderon Leon, M., Moreira, J. G., Harris, N. S., YH, W., Sedykin, A., Peris, T. S., & Silvers, J. A. (2022). Parent and Friend Relationship Quality and Links to Trajectories of Loneliness During the First Year of College. Child Psychiatry & Human Development, 1-15. https://doi.org/10.1007/s10578-022-01416-6

Cheong, Y., Gauvain, M., & Palbusa, J. A. (2021). Communication With Friends and the Academic Adjustment of First- and Non-First-Generation Students in the First Year of College. Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice, 23(2), 393-409. https://doi.org/10.1177/1521025119834253

Hardi, E., Yulitri, R., Jumiarti, D., & Sisrazeni. (2022). Masalah Tugas Perkembangan Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program BK Komprehensif di Perguruan Tinggi. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 5(1), 12-19. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i1.16768

Hudson, T. D., Rockenbach, A. N., & Mayhew, M. J. (2022). Campus Conditions and College Experiences that Facilitate Friendship across Worldview Differences. Journal of Higher Education, 1–29. https://doi.org/10.1080/00221546.2022.2082785

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik: Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik, 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Majid, C. l. S., Karyaningsih, R. P. D., & Sariwulan, R. T. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Kesiapan Belajar Mahasiswa. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 3(1). https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.196

Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2017). Faktor Penentu Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Emerging Adulthood Tahun Pertama dan Tahun Kedua. Jurnal Ilmiah Psikologi Mindset, 8(2), 67-77. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.325

Pratiwi, I. P., & Satiningsih. (2022). Perbedaan Quality of Friendship Ditinjau dari Attachment Style pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 164-173.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681

Sawiji, S., Putra, G. A., & Agustin, I. M. (2022). Fenomenologi Circle Pergaulan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 81. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.81-90


Refbacks

  • There are currently no refbacks.