Analisis bibliometrik: Kajian intepersonal di Indonesia tahun 2013-2023

Laila Isnaeni Khusniyah, Amien Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal di Indonesia dari tahun 2013 – 2023. Studi ini menggunakan analisis bibliometric sebanyak dokumen dengan pencarian google scholar berbantuan Publish or Perish (POP). Data kemudian disimpan dalam bentuk CSV dan di imput pada VosViewer dengan hasil 10 kata kunci dan 6 klaster sesuai kata kunci komunikasi interpersonal, komunikasi, bimbingan kelompok dan Indonesia. Bantuan layanan bimbingan kelompok dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam membantu peserta didik dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa topik kajian komunikasi interpersonal bervariasi antara kajian korelasional, intervensi dan pelatihan konseling. Intervensi komunikasi interpersonal menjadi kajian dominan yang dilakukan di Indonesia dibandingkan dengan kajian konseling, pengaruh, dan korelasi. Implikasi dari riset ini adalah menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait konseling komunikasi interpersonal di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Aden, N. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Perserta Didik Kelas XI TKJ SMK Persada. Phd Thesis. UIN Raden Intan Lampung.

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342.

Enjang, A. S. (2023). Komunikasi Konseling: Wawancara, Seni Mendengar hingga Soal Kepribadian. Nuansa Cendekia.

Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1).

Hardini, S., & Sitohang, R. (2019). The Use of Language As A Socialcultural Communication. Jurnal Littera: Fakultas Sastra Darma Agung, 1(2), 238–249.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok. Duta Sablon.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744

Kurniawan, W. N. E. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pustakawan dan Pemustaka dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Perpustakaan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 3(1), 11–18.

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pribadi, A. P. K. A. (2021). Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi sebagai Strategi Komunikasi Politik. Teori, Media dan Strategi Komunikasi Politik, 127.

Sanjaya, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Teknik Sosiodrama di SMK 2 Piri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 7(2), 215–222.

Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–229.

Sulaksono, A., & Fauziah, M. (2022). Literature Review: Teknik dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2(0), Article 0. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12336

Sulaksono, A., & Fauziah, M. (2022). Literature Review: Teknik dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.

Ummah, N., Handayani, A., & Lestari, F. W. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMAN 1 Juwana. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 679–684.

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 126–131.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.