Konseling kelompok seni kreatif visual untuk meningkatkan self esteem korban perundungan

Fatma Malsa Arika, Hardi Prasetiawan

Abstract


Self esteem berawal dari pribadi manusia yang mengeksplorasi penilaian positif dan pesimis yang digunakan sebagai strategi untuk menunjukkan bagaimana penilaian terhadap dirinya sendiri dengan batasan-batasan yang dimilikinya. (Roberts et al., 2016). Tujuan pada riset ini adalah untuk meningkatkan self esteem korban perundungan mengguanakan layanan konseling kelompok dengan seni kreatif visual. Konseling kelompok seni kreatif diupayakan dapat membantu meningkatkan self esteem korban perundungan sehingga korban perundungan tidak memiliki self esteem yang rendah lagi guna mencegah terjadinya perundungan atas dirinya. Dikarenakan salah satu faktor yang menjadikan individu menjadi korban perundungan yaitu self esteem yang rendah. Dalam riset ini, peneliti menggunakan metode literature review dengan sumber data pencarian jurnal menggunakan database Google Schoolar dalam mengambil jurnal yang relevan yang diterbitkan dari tahun 2014 sampai 2023. Strategi yang digunakan dalam pencarian jurnal sendiri yaitu dengan menggunakan kata kunci yang disesuaikan dengan topik penulisan. Dari hasil pencarian, penulis memilih 6 jurnal, diantaranya 5 jurnal nasional dan satu jurnal internasional mengenai self esteem yang rendah yang menyebabkan perundungan dan layanan konseling kelompok seni kreatif untuk memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling. Semakin rendah self esteem individu maka tingkat untuk dijadikan korban perundungan semakin tinggi. Layanan konseling kelompok membantu memaksimalkan proses layanan bimbingan dan konseling dalam mengentaskan permasalahan perundungan pada peserta didik. 

Konseling kelompok seni kreatif visual untuk meningkatkan self esteem korban perundungan        

Full Text:

PDF

References


Alfiah, U. N. (2019). The Identification of Bullying Causative Faktor s. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 795. http://jogja.tribunnews.com

Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Integrasi Seni Kreatif dalam Konseling dengan Pemanfaatan Seni Visual. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 108. https://doi.org/10.26638/jfk.384.2099

Andriati Reny H, Anissa Duwi Nur A’ini. (2020). Hubungan Harga Diri dan Pengetahuan Tentang Bullying dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.48079/vol3.iss2.57

Armita, P. (2016). Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan dengan Teori. Jurnal PKS, 15(4), 377–386.

Beddu, H. (2016). Penerapan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Tesis.

Ekasari, M. F., Rosidawati, & Jubaedi, A. (2019). Pengalaman Pacaran pada Remaja Awal. Jurnal Wahana Inovasi, 8(1), 1–7.

Febrianti, E & Setyawati, S. (2021). Pemanfaatan Buku Panduan dalam Melaksanakan Konseling Kelompok. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 1–6.

Jufri, F., & Karneli, Y. (2021). Konstribusi Self Esteem terhadap Perilaku Bullying Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.29210/3003750000

Martínez, J., Rodríguez-Hidalgo, A. J., & Zych, I. (2020). Bullying and Cyberbullying in Adolescents from Disadvantaged Areas: Validation of Questionnaires; Prevalence Rates; and Relationship to Self-Esteem, Empathy and Social Skills. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph17176199

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan dan Keputusan Karier: Konsep Krusial dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Rima Rahmadiana, T. U. (2023). Hubungan Perilaku Asertif dengan Penyesuaian Sosial Siswa. JBKB: Jurnal Bimbingan Konseling Borneo, 5(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/JBKB

Saniya, S. (2019). Dampak Perilaku Bullying terhadap Harga Diri (Self Esteem) Remaja di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.767

Sutanti, T. (2015). Pelaksnaan Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.293

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.