Bimbingan kelompok teknik role playing sebagai alternatif untuk mengurangi perilaku bullying

Noerlaela Alfa Rizkie, Irvan Budhi Handaka

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian literatur yang menjelaskan peran layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk mengurangi perilaku bullying dikalangan siswa. Penelitian ini menggunakan literature review dari berbagai sumber, termasuk jurnal dan artikel lain yang relevan dengan penelitian ini. Tuuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji upaya pengurangan perilaku bullying siswa melalui penggunaan layanan bimbingan kelompok yang meliputi teknik role playing. Teknik bermain peran sangat membantu dalam mengurangi perilaku bullying karena siswa dapat bermain peran menjadi orang lain sehingga siswa dapat memahami dan mengetahui dampak negatif yang terjadi pada korban dari bullying. Berdasarkan tinjauan literatur, beberapa artikel dan ulasan telah menunjukkan bahwa layanan pembelajaran kelompok bermain peran dapat mengurangi perilaku bullying pada siswa.


Full Text:

PDF

References


Artyarini, Eva Oktapiani, Siti Fatimah. (2018). Penerapan Teknik Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik MTS. Fokus.

Faijin, N. N. (2021). Penerapan Teknik Role Playing untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Remaja . Jurnal Pendidikan STKIP Bima .

Ganjar Nugraha Adit, H. H. (2019 ). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Peserta Didik SMP "X" di Kota Bandung. Fokus

Ginting, R.L . (2013). Efektivitas Bimbingan Melalui Teknik Role Playing untuk Menanggulangi Perilaku Bullying Siswa. Doctoral Dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia .

Irmayanti, I. W. (2019). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing terhadap Perilaku Bullying Siswa Sma. Fokus , 13.

Rahman, A. (2019). Pengaruh Teknik Role Playing pada Bimbingan Kelompok terhadap Berkurangnya Perilaku Bullying Siswa Bermasalah di SMK Negeri 1 Barru . Jurnal Bimbingan dan Konseling.

U.N., L. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Peningkatan Pemahaman Perilaku Bullying (Penelitian Pada Siswa Kelas X ISI SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang). Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah Magelang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.